Tips Merawat Senar Gitar Supaya Awet Dan Tahan Lama

Leave a Comment
Guitarsquatz.net - Gitar merupakan alat musik yang paling banyak diminati bagi para pemusik pemula maupun profesional. Gitar juga dipilih karena mudah dibawa kemanapun sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu. Agar gitar yang kita miliki tetap awet dan tahan lama, kita harus mengetahui bagaimana cara merawat gitar tersebut.Salah satu hal yang menyebabkan gitar sering rusak adalah adanya karat yang menempel pada senar gitar. Karat inilah yang akhirnya merusak gitar tersebut. Karat secara ilmiah muncul karena adanya logam dan oksigen yang bercampur. Logam dan oksigen ini bisa saja muncul akibat gitar kontak langsung dengan udara atau benda disekitarnya.

Perawatan Senar Gitar
Alasan lain yang menyebabkan munculnya karat pada senar adalah menempelnya kotoran seperti keringat, daki atau seringnya diletakkan di ruangan ber AC tanpa soft atau hardcase. Gitar yang senarnya sudah terkena karat akan mudah putus dan tidak nyaman untuk digunakan. Sebenarnya, agar senar gitar tidak mudah berkarat, para produsen senar gitar sudah melakukan usaha pencegahan dengan melapisi kawat senar gitar dengan coating atau cat. Tujuan pelapisan senar gitar dengan cat ini adalah agar senar gitar tidak kontak langsung dengan udara penyebab karat tersebut. Kendati demikian, karena seringnya gitar di gunakan, karat pun tetap muncul juga.

Tips Untuk Menghindari Senar Gitar Dari Karat

Agar senar gitar anda tetap terlindung dari bahaya karat, berikut beberapa tips menjaga senar dari karat yang mungkin bisa anda terapkan.

Tips 1 – Sebelum memainkan gitar pastikan tangan anda kering, bersih dari keringat ataupun debu kotor. Kandungan asam pada keringat yang bercampur dengan kotoran yang ada ditangan akan menyebabkan munculnya karat pada senar ketika anda menyentuhnya.

Tips 2 – Jangan memainkan gitar dengan kondisi kuku jari yang panjang. Kuku jari yang panjang dapat menyebabkan coasting atau cat mudah terkikis. Jika coasting terkikis, senar gitar tidak akan memiliki lapisan pelindung dan akhirnya mempercepat proses pengaratan.

Tips 3 – Jika anda ingin menggunakan gitar di ruangan terbuka seperti di taman saat camping, pastikan anda membawanya dengan menggunakan softcase atau hardcase. Hal ini bertujuan agar senar gitar terhindar dari udara dingin.

Tips 4 – Jika anda berencana untuk tidak menggunakan gitar untuk jangka waktu yang cukup lama, kendurkan senar gitar anda.

Tips 5 –
Jangan menyetem senar gitar terlalu tegang. Kualitas senar gitar akan sangat dipengaruhi oleh cara menyetem senar. Senar gitar dengan kualitas rendah akan sangat tegang ketika disetem walaupun menggunakan setelan standar.

Tips 6 – Hindari gitar berada di tempat yang lembab seperti di dekat jendela atau di lantai yang berembun. Jika anda meletakkan gitar, usahakan membungkusnya dengan softcase atau hardcase terlebih dahulu.

Tips 7 – Selalu bersihkan senar gitar sehabis digunakan sebelum disimpan. Bersihkan dengan menggunakan string cleaner yang tersedia di toko alat musik. Anda juga bisa membersihkannya minimal seminggu sekali jika tidak sempat membersihkan setiap setelah menggunakan.

Jika anda merasa string cleaner terlalu menguras saku, berikut adalah tips dan trik untuk membersihkan senar gitar yang berkarat tanpa menggunakan string cleaner.
  1. Setelah dimainkan, lap senar gitar dengan menggunakan kain kering pada permukaan atas dan bawahnya.
  2. Setelah cukup kering, ambilah minyak sayur yang baru secukupnya.
  3. Oleskan minyak sayur ke permukaan senar sampai merata. Gunakan tangan saat mengoleskan agar tidak menyentuh bagian fretboardnya. Anda juga bisa mengoleskan minyak pada bagian atas senar dan otomatis minyak akan turun dengan sendirinya.
  4. Setelah minyak rata, lap kembali sampai minyak dan kototan menempel pada kain kering dan tidak ada debu dan kotoran yang menempel pada senar.
  5. Setelah bersih, masukan gitar kedalam softcase atau hardcasenya agar terhindar dari kontak langsung dengan udara luar.
  6. Lakukan berulang setiap anda selesai menggunakan.
Senar gitar sangat rentan terhadap debu dan kotoran yang ada disekitarnya. Semakin sering anda menggunakan gitar, akan lebih baik jika anda juga sering membersihkannya. Hal ini akan membuat gitar anda semakin awet dan tahan lama. Selamat mencoba.


0 comments: