Tips Belajar Bermain Gitar Bagi Pemula

Leave a Comment

Guitarsquartz.net - Gitaris profesional tentunya memulai permainan gitarnya sebagai seorang pemula. Mereka yang awalnya hanya bisa memetik senar gitar secara acak, akhirnya dapat menggetarkan dunia musik yang saat ini ditekuni. Para gitaris profesional tersebut tentu harus melewati proses yang panjang agar bisa sampai pada kemampuannya saat ini. Semua orang pasti bisa menjadi gitaris profesinal tersebut asal mau belajar dengan bersungguh-sungguh.

Cara Bermain Gitar Dasar Bagi Pemula
Hal terpenting dalam belajar bermain gitar adalah anda harus menentukan alur tahapannya terlebih dahulu. Diawalai dengan teknik dasar, berikut tahapan belajar bermain gitar yang bisa kalian terapkan.

1. Belajar not tunggal
Langkah pertama yang harus dilakukan ketika belajar bermain gitar adalah dengan belajar not gitar (do, re, mi, fa, sol, la, si, do) pada Freetboard/papan gitar terlebih dahulu. Langkah ini diambil sebelum akhirnya dapat melangkah pada belajar chord gitar. Hal ini karena setiap chord gitar dasar awalnya terdiri atas 3 not tunggal yang dimainkan secara bersamaan. Pada step ini, pemula harus benar-benar mengetahui not gitar (do, re, mi, fa, sol, la, si, do) pada Freetboard/papan gitar. Karena ini merupakan dasar sebelum masuk pada tingkat yang lebih tinggi lagi.
2. Belajar Chord/Kunci Gitar
Jika anda telah mengetahui tentang not tunggal, langkah selanjutnya adalah belajar chord gitar. Pembelajaran ini dilakukan untuk bekal pada langkah selanjutnya. Hal terpenting dalam mempelajari chord gitar adalah dengan memulai 3 chord dasar yang di posisikan pada 4 fret pertama pada fingerboard.
Chord/Kunci gitar yang wajib diketahui oleh pemula
Chord atau biasa disebut dengan kunci adalah sebuah nada harmonis yang dibunyikan dengan serentak untuk mengiringi lagu dan musik. Jadi, dapat disimpulkan chord adalah pendamping lagu atau musik yang dibawakan. Dalam bermain musik, kemampuan bermain chord adalah penentu utama bagus tidaknya skill seseorang. 3 chord utama yang wajib diketahui oleh pemula adalah Tangga nada (scale) C Major, Tangga nada (scale) C Minor dan Tangga Nada (scale) Dominant.
Tangga nada (scale) C Major
1
2
3
4
5
6
7
8
C
D
E
F
G
A
B
C ‘

Tangga nada (scale) C Minor
1
2
3
4
5
6
7
8
C
D
Eb
F
G
Ab
Bb
C ‘


Tangga Nada (scale) Dominant

1
2
3
4
5
6
7
8
C
D
E
F
G
A
Bb
C '

Chord yang biasa digunakan seperti major dan minor adalah jenis chord yang memiliki 3 formula nada. Formula nada adalah nada-nada pembentuk chord yang berasal dari tangga nada (scale). Contohnya chord C major atau yang biasa hanya ditulis C memiliki formula 1,3,5 atau C,E,G yang diambil dari nada pertama, ketiga dan kelima dari tangga nada major C. Rumus chord major C ini harus dihafalkan, baik letak posisinya pada fretboard dan juga nada-nada pembentuknya. Mengetahui chord tones atau formula adalah syarat utama supaya kita mampu bermain harmonik, melodik dan inprovisasi.
3. Bermain chord dengan 3 jari
Jika anda telah memahami cara menggunakan chord pada gitar, maka langkah selanjutnya adalah belajar mempraktekan chord gitar dengan menggunakan 3 jari. Anda bisa melihat pola-pola chord yang ada, kemudian dipraktekan. Dalam bermain gitar dasar ketelitian sangat diperlukan.
4. Chord gitar terbentuk
Hal yang perlu diketahui adalah sebuah chord dapat terbentuk dan menjadi pola pada gitar. Secara umum chord dasar memiliki tiga not yang berbeda. Not tersebut terdiri atas not ke 1,2 dan 5 pada setiap akar (do, re, mi, fa, sol, la, si, do) yang dimulai dari do sebagai kuncinya. Misalnya pada chord C Mayor terdiri atas nada pertama (C), ketiga (E) dan kelima (G). Masing-masing not akan berbeda tiap chordnya. Dan jika sudah memahami seluruh not yang ada pada gitar nanti akan otomatis bisa menentukan suatu chord terdiri dari not apa saja.
5. Memetik dan strumming/genjreng
Untuk tahap awal memetik sebaiknya gunakan saja 2 jari jempol dan telunjuk. Jari jempol untuk memetik senar atas dan jari telunjuk untuk senar bawah. Untuk Strumming atau Genjeng cara gampang ya harus pakai Pick gitar atau bisa dengan menyatukan jari kuku jempol dan telunjuk ditempel, jari telunjuk untuk strumming/genjreng kebawah dan jari jempol untuk strumming/genjreng keatas.
Jika anda ingin segera menjadi gitaris handal, anda harus mengetahui alur tahapan dasar dalam belajar bermain gitar. Salah satunya adalah dengan mempelajari chord dasar yang harus diketahui oleh pemula. Selanjutnya, anda tinggal menjalankan latihan sesuai dengan tahapan yang ada sampai anda menjadi pemain gitar yang handal.


0 comments: