IBX5981FE7FCD958 Cara Mencari Melodi Gitar Pada Sebuah Lagu

Cara Mencari Melodi Gitar Pada Sebuah Lagu

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Melodi merupakan susunan tinggi rendahnya nada yang membuat sebuah lagu memiliki ciri khas. Tapi tidak semua pemain gitar dapat memainkan melodi dengan gitarnya. Sedangkan dapat memainkan melodi adalah salah satu keinginan dari semua orang yang bisa bermain gitar, baik itu gitar ciptaan sendiri maupun ciptaan orang lain.

Ada beberapa orang memainkan melodi bukan karena kemampuannya, namun hanya sekedar bisa saja. Hal yang terpenting adalah bunyi yang keluar dari mulut sobat sama dengan bunyi yang didengar alias asal enak saja. Hal ini bukan cara menemukan melodi gitar yang benar ya, sobat. Penjiwaan sangat dibutuhkan dalam memainkan sebuah melodi. Melodi adalah kreasi imajinasi, variasi dan itu merupakan alat ukur untuk mengukur seberapa jauh imajinasi kita dalam memainkannya.

Cara membaca melodi
Untuk menemukan sebuah melodi, salah satunya adalah dengan mengetahui cara membacanya. Dijaman dengan kemajuan teknologi yang sangat canggih ini, membaca melodi bukanlah hal sulit lagi. Salah satu cara yang bisa sobat gunakan untuk membaca melodi adalah TAB (Tablature) atau Tabulasi. Cara tabulasi membaca melodi sama seperti membaca notasi yang terdiri dari karakter dan angka. Tabulasi biasanya digunakan untuk alat musik seperti string dan bass.

Saat ini sudah banyak gitaris yang membuat TAB gitar lagu yang sobat dapat unduh secara gratis tapi Sayangnya, TAB yang banyak diposting diinternet memiliki kelemahan dimana tidak tahu berapa lama nada yang harus dimainkan sehingga sobat harus mendengarkan lagunya terlebih dahulu. Tapi ada alternatif lain yang lebih tepat dan bisa didengarkan bunyi TABnya anda dapat download TABnya di situs www.ultimate-guitar.com dan TABnya bisa dibuka di software Guitar Pro, dan anda bisa download sendiri.

Berikut Saya Bagikan Cara Mencari Melodi Secara Imajinasi:

1. Menyamakan steman gitar
Pertama-tama yang harus sobat dilakukan ketika mencari suatu melodi adalah menyamakan steman gitar yang sobat gunakan dengan urutan acord dari nyanyian yang asli. Berikut adalah akord beserta urutannya.
  • Akord (C) urutannya C-Dm-Em-F-G-Am-G
  • Akord (Am) urutannya Am-B-C-Dm-Em-F-G
  • Akord (F) urutannya F-Gm-A-A#-B-C#m-D#m
  • Akord (G) urutannya G-Am-Bm-C-D-Em-F#m
2. Ketahui tekniknya
Beberapa teknik yang sering dimainkan dalam permainan melodi antara lain seperti teknik slide, bending, pull off, hammer, double stop, trill atau tapping. Perhatikan dan pahami teknik tersebut sampai sobat menguasainya.

3. Tempo/Ketukan
Sangat penting mendengarkan tempo atau ketukannya terlebih dahulu apakah ketukan birama 3/4, 4/4, atau 6/8. Tempo berguna untuk menentukan kecepatan jarak dari akord ke akord selanjutnya

4. Menentukan chord dan tangga nada
Ada beberapa lagu yang dimulai dari akord pertama. Tapi kebanyakan menggunakan akord rhythm. Setelah ketemu akord nya tentukan dulu apakah akord minor/mayor? Jika akord mayor tinggal cari saja melodynya berdasarkan dengan tangga nada mayor dari akord mayor tersebut

5. Nada awal melodi
Beberapa teknik untuk menentukan awalan melodi antara lain teknik bending, teknik pull off, teknik hammer on, teknik trill, teknik slide ataupun teknik picking.

6. Sering mendengarkan lagu
Mendengarkan lagu sesering mungkin dapat membuat sobat menghafal semua urutan lagu, nada bahkan liriknya. Ini akan sangat berguna ketika sobat menentukan nada dasar dan mencari kunci gitar atau chord lagu. Bahkan, jika sobat sudah sering mendengarkan lagunya, sobat akan menebak arah pindahan chord secara spontan pada lagu tersebut. Kita juga dapat menghapal bahkan diluar kepala dan merealisasikannya dalam permainan gitar.

7. Menyesuaikan dengan kemampuan
Terlepas dari latar belakang bakat dan kemampuan yang dimiliki ataupun yang muncul secara otodidak dan kursus musik, sebaiknya sobat menggunakan semua teknik bermain musik dengan maksimal. Lebih baik sobat memainkan lagu dengan kemampuan sendiri tanpa harus terpaku dengan penyanyi aslinya. Banyak orang yang melakukan gitar cover malah hasil lebih baik dari aslinya. Jadi, jangan takut untuk mencoba dan berusaha, ya sobat!


0 comments: