7 Penampilan Gitaris Terunik Indonesia Yang Wajib Anda Tiru

Leave a Comment
Guitarsquarz.net - Sebagai musisi apabila di atas sebuah panggung pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Dari vokalis, sampai ke drummer atau musisi jenis lainnya, pasti memiliki ciri khas  yang membuat dirinya dikenal lebih dekat dengan para penggemarnya. Sedangkan untuk pemain gitar sendiri, banyak sekali gitaris penampilan keren asli Indonesia. Tanpa disadari, hal-hal yang menjadi ciri khas dari si musisi terbaik ini membuat mereka memiliki julukan di setiap penampilannya. Di Indonesia maupun di luar Indonesia hanya sedikit gitaris yang berpenampilan unik. Namun, selain penampilannya yang unik mereka juga bisa menunjukan skill yang tidak bisa dianggap remeh.

Inilah penampilan gitaris terunik indonesia yang wajib anda tiru

Ian Antono



Gitaris indonesia yang gayanya unik dan sering ditiru adalah Ian Antoro. Beliau merupakan gitaris dari God Bless, selain itu, Ian Antono juga menggarap komposisi dan memasukkan permainan gitarnya untuk beberap artis, di antaranya Nicky Astria, Ikang Fawzi, Anggun C Sasmi, Ebiet G Ade, dan lain-lain. Selain itu, Ian juga jago membuat lagu. Ada lagu yang frenomenal yang telah diciptakan oleh Ian antara lain adalah Rumah Kita, Neraka Jahanam, dan Panggung Sandiwara. Ian Antono bukan hanya sukses sebagai gitaris God Bless, ia juga salah satu hits maker dalam band rock legendaris indonesia.

Jopi Item


Jopi Item adalah ayah penyanyi Audy Item dan gitaris Stevie Item. Jopie sudah menjadi pengiring Titiek Puspa dan Mus Mualim pada saat umurnya baru menginjak 14 tahun dan juga menjadi pelengkap grup musik yang terkenal saat itu seperti Eka Sapta, Buana Suara, Baby Face dan Fabolous. Meskipun Jopi lebih dikenal sebagai gitaris jazz, Jopi Item juga ahli dalam membawakan musik aliran apapun.

Beng Beng


Beng Beng adalah gitaris grup Pas Band, dengan nama asli lengkapnya Bambang Sutejo. Di setiap penampilan gitaris berbeda dari gitaris lainnya dengan gayanya yang boleh di bilang tengil, melotot- lotot kepenonton saat memainkan solo gitarnya. Dengan gaya nya yang unik itu akhirnya di Endorse oleh beberapa perusahaan alat musik pembuat gitar salah satu nya dari Ibanez. 

Rhoma Irama



Rhoma Irama, selain Raja Dangdut, juga seorang gitaris. Satria bergitar ini menajadi salah satu musisi dengan masa pendukung paling banyak di Indonesia. Gayanya yang unik ini banyak ditiru oleh banyak orang, terutama yang ngefans fanatik dengan gitaris ini. Roma Irama adalah pencipta lagu dangdut terbanyak dan terlaris dari awal tahun 1978 hingga tahun 2000an.  Beberapa artis dangdut yang telah diorbitkan dan menjadi Ratu Dangdut yaitu Rita Sugiarto, Elvi Sukaesih dan Noer Halimah. Beberapa penghargaan bergensi sudah berhasil di raih baik dalam negeri dan luar negeri dan sudah dipatenkan bahwa dangdut musik asli Indonesia.

Dewa Budjana


Gitaris Gigi ini awalnya belajar gitar secara otodidak. Ia pernah mencuri uang neneknya untuk membeli gitar. Karier sebagai gitaris berkembang setelah kepindahannya dari Bali ke Surabaya dan sampai ke bandung ketemu dengan para arman maulana dan kawan akhir terbentuklah band Gigi. Selain mengeluarkan album bersama Gigi, Budjana juga menggarap album solo dan Album Trisum bersama Tohpati dan I Wayan Balawan. Gayanya yang unik ini dan kelihatan kalem kalau di atas panggung tetapi sesungguhnya sangatlah liar permainannya. Disamping itu Budjana sering memainkan gaya solo gitar yang tidak gampang di tiru dan memang sengaja budjana sendiri buat album solo gitar agar tidak di tiru oleh para gitaris lainnya.

Andra Ramadhan


Andra adalah gitaris untuk band Dewa 19 dan Andra and The BackBone. Jika dalam Dewa 19 ia banyak mengikuti ritme Dewa yang lebih lembut, di Andra and The BackBone ia jauh lebih banyak bereksplorasi. Pada beberapa part, ia terlihat menonjol. Gayanya yang unik banyak ditiru dan suaranya juga sangat merdu. Andra pemain gitar di group band DEWA 19 ini dikagumi bukan hanya karena skill mumpuni namun juga karena kecakapan intuisinya mencipta lagu. Di tahun 2006, musisi yang mengidolakan Led Zeppelin, The Police, Duran Duran, U2 ini membentuk band Andra and The Backbone bersama Stevie Item dan Dedy Lisan yang bergenre alternative rock, hard rock dan pop rock.

I Wayan Balawan



I Wayan Balawan pada awal kemunculannya sebagai gitaris diindonesia tidak begitu dikenal tapi di kancah musik festival jazz internasional sudah tidak asing lagi namanya. Dengan gaya permainannya sebagai gitaris Toch Tapping Style banyak yang terpukau dengan permainannya ini membuat gitaris Dewa Budjana dan Tohpati mengajak membuat album Trisum. Demi menyalurkan bakat musiknya dan kecintaannya terhadap musik tradisional Bali dibentuknya  band Batuan Ethnic Fusion yang menggabungkan beberapa jenis alat musik dari gitar, drum, bass dengan alat musik tradisional Bali dan melahirkan sebuah aliran musik yang menjadi ciri khasnya balawan sampai sekarang.


0 comments: