IBX5981FE7FCD958 Mengenal Jenis Kayu Yang Dipakai Dalam Pembuatan Gitar

Mengenal Jenis Kayu Yang Dipakai Dalam Pembuatan Gitar

Leave a Comment
GuitarSquartz.net - Bagi Anda seorang gitaris selain jago dalam memainkan gitar pastinya juga harus wajib perlu tahu ya? mengenal yang namanya jenis kayu apa saja yang sering dipakai dalam pembuatan gitar, sebab hal ini juga sangatlah penting untuk kita ketahui, karena biasanya jenis kayu yang berbeda juga dapat memiliki pengaruh yang berbeda pula terhadap kenyamanan, dan tentu saja suara yang dihasilkan pada gitar tidaklah bagus bahkan jika kayu yang tidak bener-benar berkualitas baik gitar pun tidaklah awet untuk digunakan dalam jangkah panjang, beberapa produsen pembuat gitar ternama seperti merek Ibanez, Yamaha, Gibson dan sebagainya biasanya melakukan pilihan jenis kayu yang mana bisa membuat gitar menghasilkan suara bagus dan baik.

Mengenal Jenis Kayu Yang Dipakai Dalam Pembuatan Gitar

Nah buat Anda seorang gitaris pemula yang mungkin juga belum mengetahui jenis kayu apa saja yang sering digunakan untuk pembuatan gitar dan bagian gitar, yang mana sebaiknya jika seandainya ingin membeli sebuah gitar, dengan menggunakan kayu yang berkualitas bagus. Dibawah ini adalah sedikit informasi mengenai pengetahuan akan bahan kayu yang biasanya digunakan untuk pembuatan gitar.
.
1. Kayu Mahogani

Kayu yang memiliki tingkat kekerasan dan bobotnya lumayan lebih berat yaitu kayu mahogani, kayu ini biasanya juga digunakan sebagai bahan pembuat gitar terutama pada bagian body gitar ataupun neck gitar dan juga memiliki sustain serta attack yang baik di jenis kayu ini.

2. Kayu Maple

Kayu maple ini juga merupakan jenis kayu yanga sangat banyak digunakan sebagai bahan pembuatan gitar import karena disana lebih mudah mendapatkannya. Memiliki tingkat kekerasan yang bagus serta memiliki bobot sedikit berat, dan tentu juga memiliki tekstur kayu yang begitu indah. Kayunnya pun dikenal mampu menghasilkan suara yang lebih tebal serta attack yang lebih bervariasi. Karena coraknya yang indah. Kayu maple sering kali dimanfaatkan untuk digunakan sebagai bahan membuat neck gitar atau fingerboard / fret gitar.

3. Rosewood

Kalau jenis kayu yang satu ini biasanya sering pakai untuk material fretboard, dan pada sisi belakang atau atas bagian atas pada gitar akustik/elektrik. Kayu Rosewood ini sangatlah jarang digunakan untuk pembuatan body pada gitar solid body, jenis kayu rosewood ini sangat berat. Namun walau berat juga memiliki kualitas sangat baik untuk digunakan dalam pembuatan fretboard harga jual kayu rosewood ini juga sangat mahal namun saya kira juga kualitasnya kayu rosewwod ini sebanding dengan harga jualnya.

4. Alder

Jenis kayu yang memiliki bobotnya tidak terlalu berat ini adalah kayu Alder mempunyai karakter suara yang jelas dan kuat, sehinggga memberikan respon yang seimbang diseluruh spektrum sonik. Biasanya proses finishing dalam pembuatan gitar yang menggunakan jenis kayu ini diselesaikan dalam warna yang gelap. Seperti ash, alder yang paling sering digunakan untuk body gitar konstruksi tunggal.

5. Poplar

Kayu poplar ini juga memiliki bobot yang ringan dengan corak yang lembut. Warnanya sedikit pun agak lebih terang dari pada kayu alder, dan selain itu memiliki sisi esensial tersendiri dari kayu poplar. Karakter suara gitar dihasilkan kayu poplar juga sangatlah mirip dengan kayu alder dan kayu basswood.

6. Basswood

Kayu basswood ini juga dikenal dapat menghasilkan suara gitar yang warm, memiliki bobot yang lebih ringan dari pada kayu mahogany namun kekurangan dari kayu jenis ini adalah kepadatan kayu bisa dibilang kurang sehingga perlu ekstra hati-hati dalam pembuatan dan juga penggunaan gitar dari kayu jenis ini agar tidak mudah cacat nantinya bila seandainya terbentur benda-benda keras.

7. Ash

Kayu Ash memiliki kesamaan dalam bobot dengan kayu juga pada kayu sebelum yaitu basswood. Sound yang dihasilkan cukup bright namun lebih menonjol pada frekuensi low, kayu jenis Ash ini banyak digunakan untuk pembuatan body pada bass elektrik namun tidak sedikit juga dipakai untuk pembuatan body gitar elektrik.

8. Ebony

kayu Ebony ini merupakan jenis kayu yang harga jual mahal bernilai komersial tinggi dan termasuk golongan jenis kayu mewah sama halnya dengan kayu jati dan kayu sonokeling. Biasanya Gitar yang menggunakan jenis bahan kayu Ebony ini pun gitar miliki harga dijual mahal karena dari kualitas kayunya sudah dikenal berkualitas dan biasa juga digunakan pada bagian gitar pembuatan neck.

9.Walnut

kayu jenis ini menghasilkan suara  gitar yang seperti pada kayu basswood yaitu dapat menghasilkan suara warm dan kayu walnut ini memiliki pukulan yang tajam dan low padat seperti ash, tetapi dengan high yang halus menyerupai mahogany, dan ditekstur mid menyerupai alder. 

10. 
Lacewood

Lacewood adalah suatu kayu yang multi padat. Kerangkanya keras seperti koa atau walnut dan porsi bagian dalam berwarna coklat keabu-abuan menyerupai alder. Kepadatan yang rangkap akan menambah tone yang berbeda. Lacewood lebih bright dari Alder.



0 comments: