IBX5981FE7FCD958 Teknik Dasar Gitar Bass Yang Wajib Dikuasai

Teknik Dasar Gitar Bass Yang Wajib Dikuasai

Leave a Comment
Gitar bass merupakan salah satu alat musik yang tidak jauh berbeda dengan yang namanya gitar yang memiliki bentuk yang sama pula, dalam teknik dasar permainan gitar bass juga hampir sama dengan teknik dasar pada gitar, hanya saja teknik permainan gitar bass lebih sedikit jika di bandingkan dengan teknik keseluruhan pada gitar.

Para pemain gitar bass khususnya para pemula mungkin juga banyak yang beranggapan bahwa memainkan gitar bass itu lebih mudah dilakukan dari pada memainkan gitar, ya memang benar jika kita hanya memainkan dasar-dasarnya saja itu memang lebih mudah , karena mereka mungkin tidak tahu teknik sebenarnya memainkan gitar bass yang lain seperti teknik slapping (memukul), membetot atau menstrumming bass, yang biasanya juga sering dimainkan oleh master pemain bassist yang sudah tergolong mahir. Namun untuk Anda yang masih memang belum mengerti? teknik apa saja dalam permainan gitar bass.

Teknik Dasar Gitar Bass Yang Wajib Dikuasai



Berikut ini GuitarSquartz.net akan memberikan infomasihnya mengenai macam-macam teknik dasar permainan gitar bass yang wajib perlu Anda kuasai untuk pemula.

1. Alternate Picking
Biasanya Bassist banyak menggunakan teknik ini dalam bermain bass. Alternate picking sebenarnya adalah teknik dasar dalam bermain bass. Caranya: memetik bass dengan menggunakan dua jari secara bergantian, umumnya sih pake jari telunjuk dan jari tengah.

2. Up Down Thumb
Teknik Up Down Thumb ini Sobat Gitar Gaul harus menggunakan sebagai pick, sementara keempat jari-jari yang lain dipakai untuk memetik, mirip seperti bermain gitar. Jika biasanya kita menggunakan telunjuk dan jari tengah untuk metik bass (alternate picking) maka dalam teknik ini kita ganti dengan jempol.

3. Slapping
Teknik menampar pada bass. Jadi memainkan bass dengan cara memukul bass dengan jempol atau telapak tangan, dan bunyi yang dihasilkan jadi kayak perkusi gitu. Si om Flea bassistnya Red Hot Chilli Peppers yang biasanya suka pake teknik ini.

4. Popping
Teknik Popping adalah menarik senar dengan jari lalu dilepas lagi hingga beradu dengan fret, sehingga menghasilkan suaranya nyaring seperti dua benda yang diadu. Biasanya kita bisa menggabungkan teknik slapping dan popping sehingga menghasilkan kombinasi suaranya yang unik. Ada juga teknik popping dengan menarik dua senar sekaligus yang disebut double pluck.

5. Tapping
Tapping biasa digunakan pada gitar, namun pada bass juga bisa digunakn teknik ini. Caranya: tekan senar dengan ujung jari ke fret bass lalu geser sedikit jari kayak lagi mencolek.


6. Neck Bending
Tekni Neck Bending bisa kita lakukan ketika memetik, tekan senar yang ada pada headstock (pada ujung bass yang biasanya tempat kita menyetem). Teknik ini akan menghasilkan bunyi seperti mendengung.

Terimakasih sudah membaca artikel kami ini ,semoga bisa membantu Anda dalam mahir bermain gitar bass dan juga semuga bermanfaat. Kami sarankan Anda bisa berguru langsung dengan ahlinya. Semakin banyak dilatih, maka Anda akan semakin mahir bermain bass. Baca juga artikel kami sebelumnya tentang Tips Merawat Gitar Basss yang Baik dan Benar



0 comments: