Mengenal Nama Bagian Dari Gitar Bass dan Fungsinya

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Gitar bass adalah alat musik berdawai yang mulai dikembangkan sekitar tahun 1930. Ada 2 orang yang diklaim sebagai pencipta alat musik ini, yaitu Paul Tutmarc dan Leo Fender. Pada mulanya alat musik ini lebih diarahkan untuk melengkapi instrumen orkestra. Namun seiring perjalanan waktu penggunaan gitar bass menjadi lebih universal untuk berbagai genre musik.

Seperti halnya gitar non bass, gitar bass juga terdiri dari 2 jenis yakni akustik dan elektrik. Hanya saja dewasa ini gitar bass akustik sudah jarang digunakan. Gitar bass elektrik lebih disenangi karena dapat menghasilkan suara dengan volume dentuman yang lebih besar.

Bagian Bagian Gitar Bass 

Gitar bass memiliki beberapa bagian yang masing masing memiliki fungsi penting untuk menciptakan suara bass yang enak didengar. Bagian bagian tersebut adalah :


Bagian Gitar Bass

Fungsi bagian dari gitar bass


Headstock

  • Headstock / kepala gitar : adalah bagian gitar bass yang memiliki fungsi untuk menahan senar dan setting tuning yang terbuat dari kayu. Biasanya perusahaan pembuat gitar mencantumkan logo nama/merk gitar mereka dibagian atas,bagian ini juga mempunyai karakter bentuk sendiri-sendiri tergantung dari si pembuat gitar.

Tuning Keys

  • Tuning keys : alat ini berfungsi sebagai penyetel nada pada string atau pun untuk mengontrol senar agar suara yang dihasilkan senar saat dipetik tidak berubah.
Nut
  • Nut : nut ini memiliki fungsi untuk sebagai dudukan senar/string bass supaya senar tidak berubah posisi dan berbunyi saat dipetik. Tanpa nut juga  suara gitar tidak akan terasa nyaring. Hampir semua merk gitar bass mempunyai warna nut yang sama yaitu putih biasanya.

Fingerboard
  • Fingerboard adalah bagian dimana anda menempatkan/memainkan jari anda, dalam merubah not. Fingerboard umumnya terbuat dari kayu maple.
Frets
  • Frets : fret adalah logam penyekat yang berbahan kuningan atau stainless tahan karat yang berfungsi untuk membagi bagi nada senar gitar.
Pickups 
  • Piskups ini adalah sebagai perubah sinyal dari getaran senar menjadi frekuensi sinyal elektrik yang disalurkan dari gitar baas ke sound. Pick up juga mempunyai jenis yang berbeda beda dan juga ada yang aktif dan pasif.
Bridge
  • Bride berfungsi sebagai tempat dudukan senar, tuning lock dan saddle yang berada di bodi gitar bass.
Volume dan Tune Control
  • Fungsi dari bagian ini adalah sebagai alat untuk mengontrol volume output suara bass dan tune control berfungsi sebagai output suara rendah tingginya nada bass gitar.

Masing masing bagian gitar bass tentunya perlu mendapatkan perawatan secara rutin agar tetap awet dan dapat berfungsi secara maksimal. Pemilihan gitar bass juga sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Gitar bass yang dibutuhkan untuk kalangan pemula dan kalangan profesional tentu saja berbeda.

Demikianlah hanya itu saja yang saya bisa bagikan mengenai artikel mengenal nama bagian dari gitar bass dan fungsinya . Bila ada yang mungkin kurang lengkap mengenai artikel diatas, silahkan langsung ingatkan saya sebagai admin penulis guitarsquartz.net bisa berkomentar dibawah ini.



0 comments: