IBX5981FE7FCD958 Teknik Menebak Kunci Gitar Pada Sebuah Lagu

Teknik Menebak Kunci Gitar Pada Sebuah Lagu

Leave a Comment

Cara Menebak Chord/Kunci Gitar Pada Sebuah Lagu



Hallo apa kabar semua sobat Guitarsquartz.net, sebelumnya kita pernah membahasa tentang cara menghalaf kunci gitar mayor dan minor yah? tapi dulu saya lupa kasih caranya teknik menebak kunci gitar pada sebuah lagu, tapi buat kesempat kali saya akan ajarkan caranya. Sebenarnya jaman moderen ini kita mudah mencari chord lagu, banyak kita bisa manfaatin browsing di internet atau bisa kita beli buku chord gitar dari toko penyedian majalah, tapi kalau saran saya lebih baik mencari chord lagu sendiri dengan kemampuan feeling kita sendiri nantinya kita udah terbiasa, dan kita makin pinter main gitarnya.

 Teknik Menebak Kunci Gitar Pada Sebuah Lagu

Nah sekarang bagaimana caranya gampang banget sobat berikut ini

Yang pertama sobat lakukan melatih feeling sobat sendiri. sebenarnya secara teknik juga sudah bisa, tapi saya lebih memilih menggukan feeling, karena dari dulu saya belajar main gitar dengan melalui feeling saya sendiri. tapi kita perlu juga menebak chord mayor dengan minor, untuk bisa melatih feeling kita bisa memainkan chord C-D,C-Dm dan C-Cm D-Dm. rasasakan perpindahan antara chord pada perbedaan mayor dan minor. Mungkin hanya sobat sendiri yang bisa membedakan antara chord mayor dan minor.


Setelah sobat melati feeling terhadap perpindahan chord, kalau sobat sudah bisa membedakan antara minor dan mayor lalu perpindahan nada/chord,.. Mari kita cari sebuah lagu akan yang kita cari chordnya. Saran saya, kalau kita baru belajar mencari chord, Kita pilih lagu yang chord tidak terlalu rumit...


Sebagai contoh saya akan kasih lagu misalnya Perterpan/Noan yang chord lagunya terbilang mudah di tebak terdiri dari progresi-progresi sederhana contohnya lagu berjudul Mimpi yang sempurna terdiri dari chord Em-C-G-D dan lagu-lagu lain yang memiliki pola seperti itu. Setelah sobat menemukan lagu yang akan sobat cari chordnya, mari ikut saya..
  1. Dengarkan lagu itu berulang-ulang atau minimal 1 kali. Ini untuk memudahkan otak kita merespon nada-nada yang kita dengar. Usahakan untuk mendengarkan chordnya.
  2. Coba ikuti progresi/perpindahan chordnya dengan cara memainkan senar 5 dan senar 6 pada gitar. Ini membantu kita melihat alur chord dan nada dasarnya.
  3. Setelah alur itu tercipta mulailah dengan memainkan chord gitarnya secara utuh. Chord mayor minor tergantung dari alur serta nada dasar yang kita temukan

Itulah 3 langkah yang saya gunakan untuk mencari chord pada sebuah lagu. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan sobat" dan  jangan lupa juga sobat nantikan update artikel terbaru lainnya dari Guitarsquartz.net yah.





0 comments: