Langkah-langkah Untuk Perawatan Gitar

Leave a Comment
Hallo berjumpa lagi bersama Guitarsqurtz.net pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar langkah-langkah untuk perawatan gitar dengan baik dan benar. Nah bagi Anda yang merasa bingun untuk merawat gitar Anda supaya tetap terjaga dan awet lama untuk dipergunakan , maka cara penyimpanan harus di perhatikan juga ,sobat pasti gak mau kan udah beli gitar mahal-mahal tapi umurnya gak lama? tenang aja saya disini akan membagi solusinya sebagai berikut...

1.) Jangan asal menyederkan gitar ditembok ataupun tempat lainnya, apalagi bila tempat itu tinggi, Bahaya gan gitas bisa merosot jatuh, dan kemungkinan bisa patah atau luka di bagian body Gitar. Usahakan juga jangan letakkan di lantai kasar .

2.) Usahakan bagi Anda setelah memainkan Gitar taruh kembali di tempatnya. Tempatnya antara lain bisa di softcase ataupu hardcase, Kalo di soctcase bisa antisipasi adanya goresan benda tajam dan lain sebagainya, seenggaknya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Terus lebih aman lagi kalo pake hardcase, emang sih perlu merogoh kocek buat beli hardcase'nya,tapi dijamin gitar agan sekalian lebih terprotektif secara maksimal. Gitar yang disimpan di hardcase terlindung dari benda tajam, guncangan, dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

3.) Bersikan Gitar secara teratur dengan memggunkan lap halus atau sutra yang seperti lap kacamata yang bertujuan agar Gitar bersih dan menghindari goresan-goresan bedah lain pada body Gitar. Usahakan cukup pake lap aja,  jangan pake bahan kimia pembersih, soalnya kan Gitar Tuh terbuat dari kayu jadi kalau pake bahan kimia bisa bakal cep Gitar cepat luntur ataupun bakal ngerusak kualitas dari bahan kayu itu sendiri.

4.) Ganti senar kalo udah karat, jangan tunggu putus atau jelek. Karena pasti pengaruh ke suaranya.untuk performa suara yang bagus. Usahakan senar juga sesuai dengan tipe Gitar agan, gitar folk senarnya ya pake senar steel jangan pake nylon. Begitu pula gitar classic senarnya juga harus nylon gan.

5.) Kendorkan senar Gitar. Apabila gitar tidak digunakan dalam waktu yang lama maka akan lebih baik jika senar gitar kamu kendorkan saja. Maksudnya supaya senar lebih awet dan yang terpenting posisi sudut gagang gitar tidak menekuk yang membuat jarak senar dengan gagang menjadi jauh sehingga sulit menekannya, itu juga akan berpengaruh pada settingan gitar. Jika itu terjadi anda bisa menyettingnya kembali.

Sekian dari saya tips untuk langkah-langkah perawatan Gitar, walaupun tipsnya sangat sederhana, ini cukup efektif dan yang paling penting adalah gitar selalu dirawat, membuatnya tampak bersih. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek keadaan gitar tersebut agar selalu terjamin kualitas dan kebersihannya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi artikel Selanjutnya dari Guitarsquatz.net.




0 comments: