IBX5981FE7FCD958 7 Gitaris Musisi Jalanan Yang Terkenal di Indonesia

7 Gitaris Musisi Jalanan Yang Terkenal di Indonesia

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Musik adalah salah satu seni yang indah. Di Indonesia, musik menjadi sarana seni dan hiburan yang sangat dikenal oleh masyarakat. Tidak hanya sebagai hiburan, seni juga menjadi ladang untuk mencari penghasilan. Jika dahulu hanya beberapa kalangan saja yang dapat menikmati musik dengan leluasa, seiring berjalannya waktu musik menjadi hiburan massal yang dapat di nikmati dimana saja. Hal ini tidak hanya membawa perubahan pada kemajuan musik tanah air saja, namun juga para musisinya. Banyak musisi Indonesia yang saat ini memperoleh kesuksesan dari hasil pengabdian kepada dunia seni tersebut.

Kendati demikian, tidak semua musisi-musisi yang saat ini sukses memulai karirnya dengan mulus. Banyak hal yang harus dilalui agar dapat menjadi seperti saat ini. Bahkan beberapa diantaranya memulai karir dari jalanan. Siapa sajakah mereka?

Iwan Fals
Siapa yang tidak kenal musisi ternama Indonesia ini? Penyanyi yang terkenal dengan karyanya yang menyuarakan isu-isu sosial ini mengawali karirnya sebagai pengamen di Kota Bandung. Tujuan utamanya mengamen kala itu adalah untuk melatih vokal dan kemampuannya dalam bermain gitar. Bakatnya tersebut tercium oleh produser dan kemudian Iwan mendapatkan tawaran membuat album. Dari sinilah muncul musisi legendari Iwan Fals.

Tegar Septian

Nama Tegar Septian mulai dikenal masyarakat Indonesia setelah muncul di beberapa acara stasiun TV. Tegar, begitu nama akrabnya, awalnya bukanlah seorang artis atau penyanyi. Ia hanyalah seorang pengamen yang sering bernyanyi di daerah Cikampek, Kopo dan Subang. Hingga nasibnya kemudian berubah setelah ada seseorang yang merekam saat ia bernyanyi ditemani gitar kecilnya dan mengunggah videonya ke Youtube. Setelah itu videonya menjadi viral dan ia banyak di cari beberapa produser. Tegar sering manggung di beberapa acara TV swasta ditemani gitar kesayangannya bak seorang gitaris terkenal. Ia pun akhirnya memiliki banyak fans mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Slank
Pecinta band tanah air pasti tidak asing dengan band yang satu ini. Ya, Slank adalah salah satu band legendaris tanah air yang dibentuk pada tahun 1983. Dengan digawangi oleh Bimbim cs, Slank mulai melebarkan sayapnya setelah merilis album Suit..Suit..He..He.. pada tahun 1990. Kendati demikian, sebelum ketenarannya Slank adalah pengamen yang sering manggung di panggung-panggung kecil dengan membawakan lagu-lagu dari Rolling Stones. Setelah melewati berbagai masa, Slank berhasil memiliki ribuan fans yang selalu memenuhi konsernya dan tetap bertahan sampai sekarang. Luar biasa!

Aris Idol

Aris adalah juara pertama Indonesia Idol musim kelima pada tahun 2008. Sebelum menjadi pemenang Indonesia Idol, Aris adalah seorang pengamen yang sering menjajakan suaranya di kereta listrik jurusan Kampung Melayu dengan ditemani dengan gitar kesayangannya. Biasanya ia akan mengudara mulai dari pukul 1 siang hingga jam 9 malam. Ketenarannya dimulai dari keisengannya mengikuti audisi Indonesian Idol. Siapa sangka akhirnya ia bisa keluar sebagai juara dan ditawari masuk dapur rekaman. Dalam penampilannya Aris juga kerap kali membawa gitarnya bak gitaris profesional. Namun ketenarannya tidak berlangsung lama dan kembali lagi ngeband  bersama teman teman nya yang dulu kembali ke musik awalnya lagi.

Alm. Mbah Surip
Almarhum Mbah Surip terkenal lewat lagunya yang bertajuk Tak Gendong. Sebelum memulai karirnya di bidang tarik suara, Mbah Surip mengalami pasang surut kehidupan dengan menjadi penjual es lilin, tukang sobek karcis bioskop hingga menjadi pengamen. Mbah Surip kemudian mulai terkenal dan sering menghiasi layar kaca dengan gaya-gaya rambut ala penyanyi raggae dan gitar kecilnya membawakan lagu hitsnya Tak Gendong. Sayangnya, ditengah popularitasnya beliau meninggal dunia pada tahun 2009.

Gombloh
Gombloh adalah musisi legendaris tanah air yang banyak menciptakan lagu balada sejati. Ia kemudian bergabung dengan grub beraliran art rock/orchestral rock bernama Lemon Tree’s Anno ’69. Sebelum menjadi musisi, Gombloh pernah bekerja sebagai pedagang kecil yang menjual ayam potong di pasar. Dengan tekadnya yang kuat agar anak-anaknya bisa bersekolah dan memiliki kehidupan yang baik, akhirnya Gombloh bisa menjadi musisi legend Indonesia. Dalam bermusik ia memiliki ciri khas yaitu Nasionalisme. Salah satu lagunya, Gebyar-gebyar, sering dibawakan pada masa perjuangan reformasi bahkan sampai saat ini.

Klantink
Klanting adalah grub musik asal Surabaya yang sukses setelah menjadi juara kontes Indonesia Mencari Bakat Season 1. Sebelumnya mereka pernah menjalani kehidupan sebagai pengamen di bus kota setiap harinya. 

Perjuangan para musisi tanah air untuk mencapai kesuksesannya tersebut patut menjadi panutan bagi kamu yang sedang merintis karier di dunia musik. 


0 komentar: