IBX5981FE7FCD958 Tips Tepat Memilih Gitar Bass Yang Berkualitas Baik

Tips Tepat Memilih Gitar Bass Yang Berkualitas Baik

Leave a Comment
GuitarSquartz.net - Ketika hendak mulai belajar gitar bass, langkah baiknya kita harus mempunyai gitar bass sendiri di rumah, agar nantinya dengan mempunya gitar bass sendiri kita juga bisa lebih giat berlatih setiap hari di rumah dan nantinya juga akan berleluasa dalam memainkan gitar bass. Nah jika Anda adalah seorang yang baru belajar main gitar bass dan kepingin membeli gitar bass baru, ada beberapa tips dalam memilih gitar bass. Untuk itulah, dikesempatan kali ini saya admin dari Guitarsquartz.net ingin berbagi dengan Anda tips cara memilih gitar bass yang berkualitas baik serta berbahan material bagus. Langsung saja hal-hal apa saja yang harus diperhatikannya dalam memilih gitar bass.

Tips Tepat Memilih Gitar Bass Yang Berkwalitas Baik.


1. Sesuaikan budget

Hal yang pertama yaitu tentukan budget yang kalian punyai. Jangan memaksakan diri untuk membeli gitar bass bagus yang sudah bermerk kualitas tinggi dengan harga dijual mahal. Jika budgetmu tipis, mending belilah gitar bass yang murah saja atau yang seken/bekas yang masih bagus kondisinya. Namun jika budgetmu lumayan, bisa juga belilah gitar bass baru yang sekiranya yang sudah bermerek standart seperti Fender, Ibanez, Yamaha, Gibson yang sudah menjamin kualitasnya baik.

2. Nada atau Tone

Yang paling penting juga saat kalian memilih gitar bass, pilihlah gitar bass yang mempunyai nada/tone yang bagus, janganlah asal pilih, jika seandainya kalian memilih gitar bass yang terlihat keren dan bagus dalam bentuk model body gitar bass, akan tapi suara yang dihasilkan tidak sebagus dan sekeren bentuk model gitar bass tersebut. Cobalah kalian saat memilih gitar bass terlebih dahulu, dengarkan dengan seksama suara tune yang hasilkan dari gitar bass tersebut jika suaranya baik dan bersih itulah bisa jadi pilihan kalian.

3. Pick Up

Pick up ini merupakan bagian terpenting juga pada gitar bass. Alat ini di gunakan untuk merubah sinyal analog ke digital. Suara dihasilkan gitar bass juga cukup banyak juga dipengaruhi kualitas pick up yang bagus, oleh karena itu, untuk mengecek bagus tidaknya pick up kalian perlu memainkan gitar bass terlebih dahulu supaya tidak menyesal setelah di gitar sudah dibeli.

4. Tone Control

Seperti namanya tone control adalah sebuah tombol untuk mengatur volume, treble, pada gitar bass. Dalam memilih tone kontol yang sebaiknya kalian memilih tone control yang sudah mempunyai back cover atau penutup control cavity yang dilapisi baik oleh cat khusus atau sejenis alumunium foil

5. Neck (Stang Gitar Bass)

Salah satu bagian yang perlu untuk diperhatikan juga adalah bagian neck, Neck atau yang biasa disebut dengan stang gitar bass, jika misalnya stang gitar bass itu ada sambungan atau retakan tentunya itu juga dapat membuat bass tersebut kurang bagus kualitasnya, sedangkan neck yang baik adalah neck yang tanpa cacat sedikitpun, dan perhatikan juga neck apakah bengkok atau tidak. Kalau memang neck tidak baik mending jangan di beli walupun gitar bass sangat terlihat menarik.

6. Tone machine

Tone machine adalah komponen gitar bass yang berguna untuk mengencangkan dan mengendurkan senar. Untuk tone machine yang bagus biasanya terbuat dari tembaga dan alumunium bukan yang dari bahan plastik. lihat juga apakah tone machine sudah berkarat atau belum jika sudah bisa di perkirakan umur gitar bass di toko tersebut sudah lama tak terjual. jadi ya terserah anda.

7. Bridge (Jembatan)

Bride ini merupakan alat bantu untuk jembatan pada senar gitar bass, ada banyak sekali jenis tipe bridge pada gitar bass ini dan mungkin ada baiknya kalian memilih yang mudah pada saat melakukan ganti senar. Artinya, senar tidak perlu dimasukan ke lubang dari bawah. Hal ini sangat membantu kalau kalian saat ingin mengganti senar pada gitar bass.

8. Berat (Overall weight)

Berat gitar bass juga perlu diperhitungkan. karena seandainya kalian membeli gitar buat dipakai untuk keperluan recording (rekaman) saja, mungkin berat tidak terlalu menjadi masalah, Namun jika ingin membeli gitar bass untuk keperluan buat perform on stage, sebaiknya kalian memilih gitar bass yang agak tidak terlalu berat. Untuk gitar bass dengan sambungan antara neck dengan body menggunakan baut biasanya lebih ringan dari pada yang tanpa baut. Jadi jika di lem tentunya akan menambah berat gitar bass tersebut.

Demikianlah tips tepat memilih gitar bass yang berkualitas semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda dan dapat menjadi solusi yang tepat bagi anda yang sedang bingung untuk menentukan pilihan sebelum ingin membeli gitar bass. 


0 komentar: