IBX5981FE7FCD958 Teknik Slap Pada Gitar Bass

Teknik Slap Pada Gitar Bass

Leave a Comment
Teknik slap adalah teknik yang tidak asing oleh para pemain Gitar bass. Slap merupakan teknik yang penuh dengan ritmik dan gaya perkusi.Suaranya yang terang dihasilkan dari benturan atau tamparan ibu jari tangan kanan ke sebuah senar bass yang diikuti dengan cabikan jari tangan kanan lain ke senar yang berbeda. Gaya slap biasa dimainkan di aliran musik fank dan R & B. Akan tetapi sesuai dengan perkembangan zaman gaya pluk (P) merupakan dasar dari teknik slap.

Dalam permainan slap kita tidak boleh sembarangan untuk memainkannya,tidak sembarangan pukul-pukul saja dan tidak sembarangan tarik,memainkan ada yang harus diperhatikan diantaranya,mekanisme dan scale dalam permainan slap itu sendiri.

Berikut ini saya akan berbagi tentang mekanisme slap:

1.) Menggunakan kekuatan pergelangan tangan, biasanya mekanisme ini digunakan untuk slap yang butu kecepatan tinggi ataupun teknik yang sulit seperti down up pluck,double pluck,dll Sehingga tidak perlu menggunkan motion dan power ataupun kekuatan tangan yang berlebih.

2.) Menggunakan lengan, tangan kalo mekanisme ini untuk yang cenderung lebih perkusif seperti slap2 marcus miller ( pattern2 drum ) sehingga mempunyai hentakan yang lebih terasa dan lebih bertenaga.kalau flea gabungan keduanya,kalau dia butuh siap bertenaga dia pake tenaga dari lengan,kalau mau yang lebih speed dia pake tenaga dari pergelangan tangannya.

3.) Slap Scale:
latihan slap berikut ini bisa di jadikan pilihan apabila teman-teman yang biasa dimainkan dengan finger menjadi lebih variatif dengan slap....

1.) contoh: C major scale nada senar teknik

-----------------------------------------------
-
C A DOWN

D A UP

E D PLUCK

F D DOWN

G D UP

A G PLUCK

B G DOWN

C G UP

2.) Contoh : C minor scale (Aeolian) nada senar.

--------------------------------------------------
-

C A DOWN

D A UP

Eb A PLUCK

F D DOWN

G D UP

Ab D PLUCK

Bb G DOWN

C G UP

Nah kedua kunci dasar di atas ini bisa untuk melati basic  memainkan slap singing. Bagi kalian yang masih belum tau cara memainkannya  bisa memperhatikan video di bawah ini.







0 comments: