IBX5981FE7FCD958 Kegiatan Yang Dilakukan Saat Bosan Berlatih Gitar

Kegiatan Yang Dilakukan Saat Bosan Berlatih Gitar

Guitarsquartz.net - Bosan adalah hal yang sangat wajar dalam perjalanan mengasah skill bermain gitar, atau juga instrumen lainnya. Mulai dari pemula yang belajar di kamar, hingga seorang virtuoso yang sudah tur keliling dunia...

Kebosanan atau jenuh terjadi saat kita sudah berlatih terlalu lama, atau terasa menjadi rutinitas saja. Rasa bosan ini sangat wajar dan bisa terjadi pada siapa saja.

Read More :
Nasib Linkin Park Di Tahun 2019 Dan Alat Music Pribadinya
4 Merek Ukulele Dengan Desain Paling Unik

Biasanya rasa bosan terjadi karena kita berlatih teknik yang itu-itu saja, stuck saat mempelajari suatu teknik atau teori. Kadang kita bisa mengatasinya dengan berlatih materi yang berbeda, tapi kadang malah tambah bosan hehe...

Jika demikian, kita harus mencoba berbagai kegiatan lain yang dilakukan gitaris untuk mengatasi rasa bosan.

Nonton Film

Menonton film adalah salah satu cara refreshing yang paling mudah. Selain untuk hiburan, dengan menonton film di bioskop atau di rumah bisa menginspirasi kita dengan berbagai ide-ide baru dalam berkarya.

Soundtrack musik yang megah seringkali memberi inspirasi untuk gitaris, karena musik untuk film disesuaikan dengan tema film, dan dengan tema film yang bermacam-macam dapat memberikan kita banyak ide baru.


Lihat Konser Musik Genre Lain

Menonton konser musik genre lain selain bermanfaat untuk penyegaran juga dapat menambah pengetahuan bermusik kita. Menonton konser secara langsung memberikan pengalaman yang berbeda dari hanya sekedar mendengarkan lagu di internet atau Youtube.

Penting bagi musisi untuk mengenal dan memahami berbagai jenis musik, karena mungkin saja ada sangat banyak jenis musik yang belum kita dengarkan sebelumnya. Tidak ada salahnya kita mencoba mendengarkan musik yang 180 derajat berbeda.

Misalnya kita biasanya memainkan lagu akustik pop, lalu kita coba menonton konser genre progresif metal atau rock. Bisa juga sebaliknya, kita yang biasa memainkan musik keras mencoba datang ke konser instrumental yang kalem dan menenangkan.


Belanja Efek Dan Aksesoris Gitar

Walaupun kantong kempes tapi bebas stress, hehehe...  Membeli berbagai aksesoris gitar dan efek adalah hal yang ditunggu-tunggu musisi.

Jika Anda adalah musisi yang sudah mendapat endorse dari toko atau distributor, seharusnya tidak akan terlalu sulit untuk memilih dan menggunakan aksesoris gitar atau efek yang dibutuhkan.

Sementara bagi kita yang lain harus menunggu tanggal gajian atau menabung untuk membeli efek dan peralatan lainnya.

Keduanya tidak masalah, yang penting belanjanya hehehe. Agar belanja tidak diluar kendali, maka lebih baik buat list apa saja yang harus di beli. Tapi jika Anda seperti saya, kadang list pun tak berguna dan jadi beli yang aneh2 hehe.

Serius nih, dengan mencoba sound baru atau alat baru akan memberi kita inspirasi yang baru juga. Coba gunakan berbagai efek yang belum pernah Anda pakai sebelumnya.


Mencoba Instrumen Lain

Untuk yang masih ingin melakukan kegiatan yang berhubungan dengan musik, mencoba alat musik lain sangat  direkomendasikan.

Tapi rasanya hampir semua orang yang saya temui bisa memainkan lebih dari satu alat musik. Jika Anda belum bisa, maka memainkan alat musik lain memiliki banyak manfaat.

Kita jadi bisa membuat aransemen musik yang lebih lengkap, atau jika kita memiliki proyek solo maka kita bisa memainkan lebih dari satu alat musik, tidak perlu menyewa banyak musisi tamu.

Memainkan berbagai alat musik lain juga dapat memberi ide-ide baru yang tidak kita dapat dari instrumen lain. Misalnya memainkan berbagai chord voicing piano di gitar, yang pastinya akan membutuhkan pendekatan baru.

Manfaat lainnya adalah kita bisa berkomunikasi dengan lebih mudah dengan musisi lainnya.


Melihat Alam

Alam adalah asal inspirasi berbagai karya musik, sudah tidak terhitung banyaknya. Berada di alam juga membantu menyegarkan jiwa dan raga.

Selain menyejukkan nurani dan mengisi inspirasi, menjelajahi alam juga baik buat kesehatan kita. Silakan disesuaikan dengan keinginan kita. Favorit saya adalah berada di tempat yang tinggi, seperti gunung atau tebing. Yang lain mungkin lebih senang berada di laut atau hutan.

Baik juga sesekali kita keluar dari rutinitas sehari-hari dan berusaha menyatu dengan alam.


Sampai disini dulu artikel kita, nantikan terus berbagai berita musik serta tips dan trik menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net !!!