IBX5981FE7FCD958 Mendapatkan Sound Bass Rock Dari Precision Bass

Mendapatkan Sound Bass Rock Dari Precision Bass

Guitarsquartz.net -  Bagi para pemain bass musik metal. saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk berkesperimen dengan suara bass. Mulai dari plugin rekaman, efek, bass canggih, amplifier dan speaker, kini semuanya sudah tersedia untuk pembetot bass.

Tapi ada satu formula suara bass metal yang tak lekang oleh jaman : Fender Precision Bass dan ampli tabung yang bersuara seperti hampir meledak. Sudah teruji di berbagai era metal dari dulu sampai sekarang.

Mengapa Harus Ampli Tabung Dan Precision Bass?

Fender P Bass memiliki suara 'distorsi' natural pada treblenya. Sound yang dihasilkan Fender Precision Bass juga sangat unik dan berkarakter, sangat mudah untuk dikenali.

Precision Bass memiliki frekuensi low yang kuat dan treble yang tajam, dapat dengan mudah menembus lautan distorsi gitar dan deru drum.

Jika Jazz Bass adalah bass 'all around' yang masuk di musik apa saja, maka P Bass bisa dibilang sebagai bass 'all around' untuk musik keras. Mulai dari punk hingga metal, Precision Bass adalah bass tidak asing lagi bagi pemain bass di genre tersebut.

Mengapa harus ampli tabung? Karena karakteristiknya, yang bila kita besarkan volume atau mendapat output yang tinggi dari permainan keras, akan terbentuk sound distortif yang khas. Sound bass ini pas sekali digunakan untuk musik rock dan juga musik keras lainnya.


Awal Mula-nya..

Dahulu belum ada efek dan peralatan yang dibuat khusus untuk bass. Pemain bass metal hanya punya amplifier dan bass saja. Banyak amplifier pun belum punya master volume dan gain. Hasilnya adalah suara bass yang terdistorsi seperti fuzz yang mendominasi sebagian besar sound band.

Sejak saat itulah lahir resep awal untuk sound bass metal menggelegar. Fender Precision Bass dan amplifier tabung!

Player Yang Menggunakan Precision Bass
Ada Geezer Butler dari Black Sabbath serta Glenn Hughes yang saat itu mengisi posisi bass di Deep Purple. Ada juga Steve Harris dari band Iron Maiden.

Ketiganya tergolong legend dan masih aktif sampai sekarang, kecuali mungkin untuk Geezer, karena Black Sabbath memutuskan untuk menutup perjalanan musik mereka tahun lalu.


Contoh Suara P-Bass Rock Yang Perfect
Tidak ada contoh yang lebih sempurna selain suara bass Geezer Butler pada konser terakhir Black Sabbath (bisa dilihat di channel Youtube resmi Black Sabbath). Contohnya pada lagu "War Pigs."

Sound bass Geezer terdengar jelas, keras, dan ikut membantu memberi 'punch' pada sound band secara keseluruhan.

Contoh lainnya, silakan lihat performa band Shame di KEXP (search di Youtube "Shame KEXP"). Meskipun musiknya mungkin bukan selera Anda, tapi coba dengarkan suara Precision Bass yang mantap itu...

Atau juga coba cek sound bass John Wetton dari band prog rock King Crimson, pada lagu "Red". Jika tidak salah mas John menggunakan Fender Precision Bass.

Untuk musik yang lebih keras lagi, bisa mendengarkan lagu "Dark Horse" (please bukan yang katy perry) dari band Converge. Nate Newton, sang pemain bass menggunakan dua ampli tabung untuk menghasilkan sound brutal di lagu tersebut.

Atau untuk dalam negeri ada Sammy bassist nya Seringai, setahu saya dia juga pakai Precision Bass.

Bagaimana..? Semoga Anda yang tadinya bukan pengguna Precision Bass mulai menemukan potensi dibalik salah satu bass paling awal buatan Fender ini...

Cara Mendapatkan 'Sound' Itu..

Lalu gimana cara mendapatkan tone Precision Bass yang sangar itu? Kita bisa melakukan beberapa cara..

Gunakan Fender Precision Bass Dan Ampli Tabung
Tidak ada yang sebagus barang aslinya. Jadi, silakan nabung, nyicil atau apapun asal halal untuk memiliki sebuah Fender Precision Bass beserta ampli bass tabung...

Tidak masalah mau Fender buatan Amerika, Mexico (MIM) atau Jepang (MIJ). Lalu untuk ampli tabung, bisa melirik produk buatan Orange, seperti Terror Bass atau AD200.

Cukup mahal? Iya. Bagus? Sudah tentu.. Kualitas yang berbicara.

Gunakan senar bass baru untuk frekuensi treble yang maksimal. Set ampli dengan gain tinggi (diatas posisi jam 12) atau sampai suara bass sedikit terdistorsi. Tidak perlu terlalu besar gainnya karena nantinya bisa terdengar seperti fuzz.

Tinggal sesuaikan EQ dan volume sesuai dengan kebutuhan. Harusnya tidak perlu terlalu banyak pengaturan untuk langsung mendapat sound yang bagus.


Alternatifnya!
Atau jika Anda tidak punya uang untuk membeli bass atau amplinya seperti saya juga, ada beberapa tips dan trik yang bisa kita lakukan.

Asal Pickupnya P Bass
Precision Bass punya pickup yang unik, berbentuk split seperti huruf S. Tinggal cari bass yang memiliki rongga pickup seperti P Bass. Bass apapun tidak masalah, selama ada pickup P Bassnya. Pickupnya bisa upgrade di lain hari dengan pickup yang lebih bagus.

Tidak punya ampli? Pakai efek!
Sama seperti saya juga sedang tidak punya ampli bass. Solusinya, saya punya beberapa efek untuk mendapatkan sound P Bass tadi.

Pertama, sebuah preamp (Tech 21 Sansamp Bass Driver, MXR DI+, dll), distorsi atau overdrive bass, dan kemudian cabinet simulator.

Khusus untuk Sansamp, karena sudah ada cab sim didalamnya, maka tidak perlu lagi menambah cabinet simulator. Tapi untuk preamp selain Sansamp Bass Driver disarankan menggunakan cabinet simulator untuk sound ampli yang lebih real.

Untuk preampnya disarankan yang memiliki simulasi karakter ampli bass seperti SVT atau Fender misalnya.

Untuk settingan preamp bass, buka knob gain tapi jangan terlalu besar. Sama seperti menggunakan ampli, tinggal kita atur EQ dan volume sesuai kebutuhan. Jika preamp kita tidak memiliki gain yang cukup, bisa kita bantu dengan efek distorsi bass.

Atau biar lebih fleksibel, preamp kita setting clean saja, kemudian tambahan gain kita dapat dari efek distorsi bass.

Then What's Next?

Jika bass sudah punya, efek dan ampli mungkin sudah punya... Lalu apa lagi? Tentunya jangan lupa berlatih dan terus mengasah kemampuan bermain bass, karena apa gunanya peralatan lengkap tanpa ditunjang skill permainan...

Ok sampai di sini dulu, nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net !!