IBX5981FE7FCD958 Tips Memainkan Tangga Nada Harmonik Minor

Tips Memainkan Tangga Nada Harmonik Minor

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Tangga nada harmonik minor adalah tangga nada yang sering digunakan untuk memunculkan nuansa mistis atau gelap. Tapi bukan hanya digunakan untuk lagu sedih atau kelam saja. Harmonik minor juga sering digunakan pada lagu dari berbagai macam genre musik.

Beberapa lagu yang menggunakan tangga nada ini adalah Black Star (Yngwie Malmsteen), "Master’s Apprentices" (Opeth), dan Santeria (Sublime). Harmonik minor adalah tangga nada yang dapat memberikan efek dramatis serta tegang, hehehehe....  Maksudnya memberi efek tension yang membuat suasana "naik" sehingga menambah dinamik pada sebuah lagu.


Interval Tangga Nada Harmonik Minor

Harmonik minor memiliki interval : 1 2 b3 4 5 b6 7  .  Jadi bila interval tangga nada mayor adalah 1234567 ( C D E F G A B), maka pada tangga nada harmonik minor menjadi C, D, Eb, F, G, Ab, B. Bila dipindahkan pada fretboard gitar, maka akan tampak seperti ini:



Silakan dicoba untuk memainkan tangga nada harmonik minor tersebut. Lingkaran polos menunjukkan nada dasar.


Kapan Memainkan Tangga Nada Ini?

Harmonik minor bisa kita masukkan ke dalam permainan solo gitar, terutama di bagian akhir solo untuk efek klimaks. Namun bisa juga menjadi tangga nada utama seperti solo gitar John Petrucci di lagu "Constant Motion."

Tangga nada harmonik minor adalah salah satu tangga nada yang wajib diketahui gitaris untuk mengembangkan dan mengasah permainan gitarnya. Selain itu ada beberapa tangga nada unik lainnya yang dapat digunakan agar permainan gitar semakin lincah, selanjutnya akan di update di Guitarsquartz. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, nantikan berbagai artikel menarik hanya di Guitarsquartz.net  .

0 comments: