IBX5981FE7FCD958 Tips Jitu Memilih dan Membeli Gitar Akustik

Tips Jitu Memilih dan Membeli Gitar Akustik

Leave a Comment


1. Jumlah uang yang dimiliki

Langkah pertama dalam memilih gitar akustik yang berkualitas adalah berapa uang atau dana yang kita miliki. Jumlah uang yang kita miliki berpengaruh terhadap pilihan kita untuk memiliki gitar yang kita inginkan.

Pilihan gitar yang akan kita beli sangat dipengaruhi oleh budget atau jumlah uang yang kita miliki. Budget yang sudah ditentukan akan menentukan kita memilih salah satu merk atau brand yang sudah terkenal.

2. Tujuan dalam membeli gitar

Hal penting kedua adalah menentukan tujuan dalam membeli gitar apakah untuk iseng-iseng saja, hobby atau menjadikan bermain gitar sebagai pilihan profesi.Kebutuhan memiliki atau membeli gitar untuk profesi, hobby dan iseng-seng saja jelas berbeda. Sesuaikan kebutuhan anda dengan tujuan dalam membeli gitar sehingga menghindari kesalahan dalam membeli gitar.

3. Material dasar gitar

Tips ketiga adalah memilih material dasar gitar sebagai pilihan gitar yang akan kita miliki nantinya. Material sangat dipengaruhi oleh kualitas gitar tersebut saat kita akan mainkan.Material dasar sangat berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan seperti, material dasar gitar All Solid atau All Laminated .All Solid adalah material dasar gitar akustik yang terdiri dari kayu asli untuk neck , top , body dan lain-lainya.All Laminated adalah material dasar yang terbuat dari kayu triplek .

4. Body gitar

Body gitar menjadi hal penting dalam memilih dan membeli gitar yang berkualitas. Semakin besar body gitar yang kita pilih maka akan menghasilkan suara yang keras dan nyaring namun apabila kita memilih body gitar yang kecil maka suara yang dihasilkan juga akan kecil dan terkadang kurang nyaring.

5. Tempat membeli gitar

Memilih toko atau tempat membeli gitar jangan dianggap sepele, hal ini menentukan dalam memilih gitar yang bagus dan berkualitas. Banyak orang tertipu dengan gitar yang dibeli karena salah memilih toko atau tempat membeli gitar.Pilihan membeli dari tempat yang resmi seperti agent atau dealer resmi akan menjamin gitar yang kita beli legal dan berkualitas serta after salesnya terjamin dengan diberikannya garansi resmi.

6. Jenis Suara 

Setiap pemain gitar memiliki pandangan atau felling yang berbeda satu sama lain tentang jenis suara.
Pertimbangannya adalah ditentukan dengan teknik bermain baik “finger style” atau “ rhythm”

7. Resonansi gitar 

Resonansi gitar adalah lamanya getaran saat memetik salah satu senar.Gitar berkualitas baik akan memiliki suara yang semakin jelas dan bagus pada saat gitar dimainkan atau dicoba.

8. Minta referensi teman 

Jangan ragu dan gengsi untuk meminta saran, pendapat atau referensi dari teman yang memiliki pengalaman dalam memilih gitar yang berkualitas.Menanyakan hal-hal penting dalam pertimbangan untuk membeli atau memilih gitar seperti harga, merk atau toko dimana gitar bisa dibeli kepada teman akan menghindari dari kesalahan fatal.

9. Cek Sound 

Carilah gitar yang seuai dengan feeling anda, mendengarkan suara yang dihasilkan dengan cara melakukan cek sound di tempat kita membeli atau memilih gitar.Usahakan saat memainkan jari-jari kita berpindah dari fret satu ke yang lainnya nyaman saat gitar tersebut dimainkan atau dicoba.

10. Cek Keaslian Gitar

Gitar yang berkualitas memiliki nomor lisensi, otentik fisik, kode angka produksi, logo yang jelas, detail finishing yang sempurna dan harga yang sesuai dengan keaslian gitar (ada price list resmi).


0 comments: