IBX5981FE7FCD958 5 Tips Memilih dan Membeli Amplifier Gitar yang Tepat

5 Tips Memilih dan Membeli Amplifier Gitar yang Tepat

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Bagi anda penggemar alat musik gitar baik itu gitaris ataupun bassist tentunya tidak asing dengan amplifier. Amplifier atau penguat suara biasa digunakan untuk memaksimalkan keluaran sound musik pada instrument yang dimainkan. Ketika instrumen digunakan pada saat pertunjukan, penggunaan amplifier bagus dan tepat akan sangat membantu performance dari pemusiknya.

Akan tetapi bagi penggemar gitar atau bass yang ingin membeli amplifier, sekiranya harus memperhatikan beberapa pertimbangan yang harus di pikirkan mateng dan di cek dulu sebelum membelinya. Apa saja sih tips dalam memilih dan membeli amplifier gitar? Berikut ini 5 tips memilih dan membeli amplifier gitar yang tepat yang harus diketahui:

1. Sesuaikan Kebutuhan Amplifier
Pada dasarnya amplifier memiliki dua jenis dan jenis ini ditentukan oleh kebutuhan pemilik gitar karena masing-masing memiliki fungsi tersendiri.
Jenis amplifier pertama adalah amplifier combo. Amplifier combo memiliki bentuk besar yang biasanya tergabung langsung ke speaker. Memiliki bentuk besar dan keluaran suara yang lebih kencang dan bervolume, amplifier ini cocok pagi para penampil yang suka mengadakan pertunjukkan.
Sedangkan untuk jenis amplifier kedua adalah tipe cabinet atau head. Amplifier ini lebih kecil dibanding tipe combo dan memiliki bentuk kotak yang bisa dibawa kemana-mana. Berbeda dengan combo, tipe head/cabinet terpisah dari speaker. Tipe amplifier ini cocok bagi yang menyukai bermain musik di jalan atau untuk kebutuhan pribadi di rumah.

2. Kualitas Keluaran Suara / Sound yang dihasilkan
Suara amplifier bisa saja memiliki spesifikasi dan komponen yang sama namun tidak menjamin keluaran suara / sound. Kualitas keluaran suara / sound dapat dinilai dari bagaimana amplifier menghasilkan suara / sound lewat speaker yang sama. Salah satu tips memilih dan membeli amplifier gitar yang tepat memilih amplifier yang mampu memaksimalkan suara pada frekuensi yang sesuai sehingga mampu menghasilkan kualitas suara / sound asli gitar dengan baik.
Selalu tes amplifier di toko sebelum memutuskan untuk membeli karena dengan mengetes maka calon pembeli akan mengetahui kualitas amplifier sebelum benar-benar memutuskan membelinya.

3. Menentukan Frekuensi Amplifier
Setiap amplifier memiliki frekuensi berbeda yang akan lebih cocok dengan tipe masing-masing gitar. Frekuensi 30-50 Hz asalah frekuensi yang umum oada amplifier. Untuk mengetahui apakah frekuensi amplifier mampu membantu memaksimalkan kualitas suara gitar, putar dan atur frekuensi pada amplifier untuk menemukan frekuensi yang sesuai.
Apabila frekuensi sesuai maka bagian suara bass, tenor hingga pantulan suara akan menyatu dengan baik tanpa bagian satu mendominasi bagian yang lain. Oleh karena frekuensi berbeda-beda maka pastikan sebelum membeli, pembeli harus mengetes frekuensi gitar dengan benar.

4. Memilih Internal Amplifier Sesuai Gaya Suara
Beberapa komponen utama amplifier memiliki gaya suara yang muncul karena hasil produksi komponen di dalamnya.

Ada beberapa jenis komponen amplifier dan seperti apa suara yang dihasilkan:
- Tabung/Tube: Menghasilkan distorsi lembut dengan suara yang lebih tebal dengan bass yang lebih kuat. Tipe ini cocok bagi yang suka memainkan gitar di tempat terbuka.
- Digital Amplifier: Menggunakan komponen digital yang menghasilkan suara tanpa perlu pengaturan yang rumit. Cocok bagi yang menginginkan amplifier mudah diatur.
- Solid State Amplifier: Menggunakan transistor untuk menghasilkan suara yang jernih serta mampu membantu speaker mengeluarkan input suara sama seperti suara gitar asli. Solid state paling sering dimiliki pemain gitar.
- Hybrid Amplifier: Gabungan antara Solid State dengan Tube untuk mengahasilkan suara yang jernih sekaligus tebal dan juga memiliki gema yang bagi sebagian orang merupakan kombinasi yang ideal.

5. Pertimbangan Harga
Tips memilih dan membeli amplifier gitar yang tepat selanjutnya namun tidak kalah penting adalah pertimbangan harganya. Harga haruslah mengikuti kualitas sehingga pengguna gitar yang membelinya tidak akan dirugikan. Selalu cek dan bandingkan harganya untuk mengetahui dan menemukan harga terbaik. Sesuaikan juga dengan budget keuangan anda.

Sekian artikel mengenai tips memilih dan membeli amplifier gitar yang tepat, semoga bermanfaat.



0 comments: