IBX5981FE7FCD958 Tips Membuat Powerbank Untuk Efek Gitar!!

Tips Membuat Powerbank Untuk Efek Gitar!!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Powerbank tidak hanya untuk hp saja, kita juga bisa membuat sendiri powerbank untuk efek gitar dengan beberapa peralatan saja. Di artikel ini kita akan mencoba membuat nya!!

Sekilas Tentang Power Supply
Power supply atau adapter adalah hal yang wajib untuk memberi power efek. Hanya ada satu kekurangan semua power supply atau adapter.

Kekurangannya adalah kabel listrik yang sangat pendek, sehingga kita masih membutuhkan colokan listrik dengan kabel super panjang untuk bisa mencapai sumber listrik. Untuk situasi rumah atau rekaman masih memungkinkan untuk mencari kabel extension. Tapi untuk live, lain ceritanya.

Di panggung,terutama untuk acara kecil, colokan listrik cukup sulit ditemukan. Walaupun ada, letaknya cukup jauh dan tidak cukup untuk menjangkau pedalboard atau efek kita.

Pada artikel Memilih Power Supply Untuk Efek Gitar Dan Bass, sudah sempat dibahas alternatif untuk memberi daya pada peralatan musik kita, yaitu dari baterai rechargeable. Nah, kali ini kita coba membuat saudaranya baterai, yaitu Powerbank!! Bukan untuk gadget, tapi kali ini untuk efek gitar.


Alat Dan Bahan Untuk Powerbank Efek Gitar
Pertama-tama kita siapkan dulu alat dan bahannya. Alat dan bahan ini adalah peralatan elektronika dasar yang bisa kita temukan dengan mudah.

  • 5V To 9V Converter
seperti ini penampakannya

 Converter ini saya dapat dari toko online, dengan harga sekitar 50 ribuan. Alat ini mengubah output dari USB (5 volt) menjadi 9V, dalam hal ini output dari powerbank. Biasanya digunakan untuk router WIFI dan peralatan elektronik lainnya.Seperti yang kita tahu, efek gitar rata-rata bervoltase 9V jadi aman untuk efek gitar.

HATI-HATI!!! Meskipun voltasenya sudah sama 9 volt, jangan buru-buru mencolokkannya ke efek gitar!! Karena konverter 5v to 9v ini masih jack DC nya center positive, sedangkan efek gitar membutuhkan yang center negative. Seputar polaritas jack DC ini juga sempat di bahas di artikel Memilih Power Supply Untuk Efek Gitar Dan BassPastikan dulu polaritas yang digunakan untuk efek kita. Namun rata-rata efek gitar menggunakan 9V center negative.

Bagaimana agar bisa berubah menjadi center negative sehingga bisa digunakan untuk efek gitar? Caranya cukup mudah. Kita buka dulu pembungkus karet luar dekat ujuang jack DCnya, kemudian kita balik kabel merah dan hitamnya, dan kita sambung kembali. Agar lebih jelas, mari kita lihat gambar di bawah ini.

kabel pembungkus kita buka, kemudian kita keluarkan kabel merah dan hitamnya






lalu kita hubungkan kabel merah ke hitam, dan sebaliknya.

kemudian kita beri selotip agar tidak memperlihatkan sambungan






Dengan begitu, sekarang kita memiliki jack DC dengan center negative.


  • Powerbank
Kita menggunakan powerbank biasa seperti untuk mengecas gadget atau smartphone. Tetapi setelah dicoba dengan berbagai powerbank, memang tidak semua powerbank bisa kita gunakan.
contoh powerbank yang saya gunakan

Pada beberapa powerbank yang saya coba, ketika dimasukkan ke converter 5v to 9v lalu ke efek, beberapa saat kemudian powerbank nya mati secara otomatis. Jadi memang ada beberapa powerbank yang tidak bisa kita gunakan untuk proyek ini. Tapi powerbank yang saya gunakan (contoh gambar di atas), dapat berfungsi dengan baik dan sesuai untuk proyek kita. Dari hasil pengamatan, sebaiknya kita menggunakan powerbank dengan output yang besar, diatas 1A.


Mencoba Powerbank Untuk Efek Gitar
Mari kita coba eksperimen kecil-kecilan ini. Selanjutnya kita tinggal memasukkan converter 5v to 9v ke powerbank...



Lalu kita coba ke efek gitar kita.



Hasilnya not bad!! Mampu memberi power untuk efek kita dengan noise yang cukup minimal. Seberapa lama powerbank bertahan, tergantung dari kapasitas powerbank. Untuk keluaran mA tergantung dari spesifikasi konverter 5v to 9v yang kita gunakan. Kebetulan yang ada di gambar memiliki mA maksimum sampai 800mA. Sudah lebih dari cukup untuk menyalakan beberapa efek analog, dan mungkin satu atau dua efek digital.

Sekarang tinggal mencobanya ke amplifier atau langsung di bawa ke tempat latihan!! Segini dulu yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat buat pembaca Guitarsquartz sekalian. See u in the next article.

0 komentar: