IBX5981FE7FCD958 Mengenal Nikita Dompas, Kurator Jazz Go Ahead People

Mengenal Nikita Dompas, Kurator Jazz Go Ahead People

Leave a Comment
Mengenal Nikita Dompas, Kurator Jazz Go Ahead People

Guitarsquartz.net - Kompetisi song mixing dari GO Ahead People menghadirkan sample lagu yang bisa digunakan peserta untuk dimix dari lima genre berbeda. Kelima genre itu adalah pop, rock, jazz, hiphop serta EDM. Dari masing-masing genre, ada satu kurator musik atau musisi yang karyanya akan dipakai. Kurator jazz Go Ahead People adalah Nikita Dompas. Musisi jazz satu ini lahir dan besar di Jakarta. Ia mulai memperdalam instrumen gitar pada usia 17 tahun di bawah bimbingan gitaris jazz ternama Indonesia. Pendalaman gitarnya dilanjutkan di bawah gitaris asal Jerman, Amerika Serikat dan Jepang. Hal ini tentu membuat nama Nikita Dompas tak perlu diragukan lagi di kancah musik jazz tanah air.

Sederet Prestasi Kurator Jazz Go Ahead People 

Sebagai seorang gitaris, Nikita Dompas telah bekerja sama dengan cukup banyak nama yang tak lagi asing di telinga pecinta musik. Sebut saja mulai dari Indra Lesmana, Benny Likumahuwa, Yance Manusama, Jamie Aditya, Vina Panduwinata, Glen Fredly, Sandy Sandhoro dan lain-lain. Tidak hanya musisi lokal, Nikita turut bekerjasama pula dengan beberapa musisi asal mancanegara. Di antaranya adalah Masako Hamamura, Peter Scherr, Hideaki Tokunaga, Gerard Albright, Paul Roth, John Beaty dan lain-lain. Ia turut aktif pula dalam aneka jazz festival baik di dalam maupun luar negeri, di antaranya Java Jazz International Jazz Festival di Indonesia, Jazz Ahead Festivals di Jerman, Music Matters di Singapura dan lain-lain. Inilah yang menjadikanya didapuk sebagai salah satu kurator jazz Go Ahead People

Pada 2008 lalu, Nikita Dompas memulai debut sebagai produser. Artis pertama yang diproduserinya adalah Tika and the Dissedents untuk album The Headless Songstress di album 2009. Album ini langsung mendapat penghargaan Album Independen Terbaik 2009 oleh Majalah Tempo. Ia juga menjadi music director untuk penyanyi Andien dan terlibat sebagai arranger pada acara Urban Jazz Crossover 2009. Musisi musik jazz Go Ahead People ini juga diangkat sebagai festival curator serta music director bagi The Just Jazz Festival yang dilaksanakan di Surabaya. Festival ini turut menampilkan Dira Sugandi, Andien, Barry Likumahuwa Quintet dan The Just Jazz All Stars Tribute to Gombloh. 


0 comments: