IBX5981FE7FCD958 Berbagai Peralatan Untuk Merawat Gitar

Berbagai Peralatan Untuk Merawat Gitar

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Gitar wajib dirawat secara rutin. Seperti mobil atau motor, perawatan berkala akan membuat gitar kita selalu dalam kondisi puncak untuk dimainkan kapan saja. Sebenarnya cukup jarang pemain gitar yang benar-benar memperhatikan gitarnya.

Perawatan paling sederhana pada gitar adalah membersihkannnya. Karena kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan karat pada parts logam seperti bridge atau kenop volume. Membersihkan gitar juga dapat menjaga kondisi cat tetap bagus dan meningkatkan resale value seandainya nanti kita akan menjual gitar tersebut.

Beberapa perawatan dan maintenance seperti fret leveling, setting truss rod, setting saddle sebaiknya diserahkan pada teknisi gitar berpengalaman atau luthier. Tapi ada juga perawatan yang bisa kita lakukan sendiri.  Berbagai peralatan di bawah ini sebaiknya kita siapkan untuk menjaga kondisi gitar atau bass kita.

Screwdriver

Atau bahasa kerennya obeng hehe. Agar lebih praktis sebaiknya beli obeng dengan berbagai head yang bisa di ganti. Tujuannya agar bisa digunakan untuk berbagai parts gitar yang mungkin memiliki ukuran sekrup yang berbeda.

Misalnya sekrup pada control cavity mungkin berbeda dengan sekrup untuk pickguard. Selain itu juga bisa kita gunakan untuk membuka efek untuk perbaikan ringan.


Tang Potong

Alat ini terutama berguna untuk memotong senar saat mengganti senar. Tang biasa mungkin juga bisa digunakan, tapi disarankan menggunakan tang potong, terutama untuk senar bass yang berukuran besar.



Filler Gauge
Berguna untuk mengukur jarak antara senar dengan fret. Biasanya kita lakukan saat mengatur kelengkungan neck, atau juga mengukur bila ada fret yang sudah habis dan membutuhkan refret. Bisa juga untuk mengecek jika terdapat gap pada neck joint.

Multimeter, Solder, Timah

Berguna untuk mengecek jika ada kabel yang putus. Kita tinggal mengeset multi meter pada posisi continuity test. Bisa juga untuk mengecek jika pickup gitar mati atau korslet, caranya dengan mengatur multimeter untuk mengukur resistensi (ohm).

Solder dan timah jika kita harus menyambung beberapa bagian di gitar yang putus, misalnya kabel ground atau kabel ke jack output. 



Tuner

Sangat wajib untuk punya tuner! Tidak hanya tuner dalam bentuk stompbox, sebaiknya juga punya tuner jarum seperti Peterson atau Korg yang lebih akurat. Tuner juga sudah ada yang dilengkapi metronom, berguna buat latihan menjaga tempo.

Allen Key
Hex key, atau dikenal juga dengan sebutan kunci L. Berbentuk penampang segi enam dan berbentuk huruf L. Kunci ini digunakan untuk mengatur ketinggian saddle, bridge, dan juga untuk mengatur truss rod. Untuk truss rod biasanya menggunakan kunci L berukuran panjang. Biasanya ketika membeli gitar, berbagai kunci L sudah tersedia bersama dengan buku manualnya. Seandainya hilang pun kita bisa mencari penggantinya di toko perkakas.



Cleaning Cloth

Kain pembersih tapi bukan sembarang lap biasa. Jangan gunakan kain yang berserabut untuk mengelap atau membersihkan gitar, karena dapat meninggalkan guratan rambut yang halus. Polishinig cloth atau cleaning cloth bertekstur lebih halus, seperti Kanebo.



Cleaning Liquid/Oil

Gunakan cairan pembersih khusus untuk gitar! Beberapa cairan pembersih non-gitar mungkin bisa digunakan untuk gitar, tapi beresiko merusak part logam seperti bridge, dll. Sudah banyak yang membuat cairan pembersih berkualitas seperti Dunlop atau D'addario.

Cairan pembersih gitar ada beberapa tipe. Ada yang untuk menjaga keawetan senar, untuk menjaga fretboard, atau juga khusus untuk bodi gitar. Karena itu perhatikan dan beli sesuai dengan kebutuhan kita.


Kabel

Bukan kabel gitar tapi kabel wiring. Berguna untuk menyambung jika ada kabel yang putus didalam gitar. Untuk ukuran kabel yang kita gunakan usahakan agar sama dengan kabel lain yang ada di dalam elektronik gitar.

Guitar Multi Tools
Ibanez Guitar Multi Tool


Cruz Tools




Ibanez serta Cruz Tools membuat multi tools, yang terdiri dari berbagai kunci dan obeng yang disesuaikan dengan ukuran gitar dan bass. Cukup praktis karena berbagai kunci tersedai di satu tempat tanpa takut tercecer atau hilang.



Dengan berbagai peralatan di atas semoga dapat membantu kita untuk selalu menjaga dan merawat gitar dan bass kesayangan. Sampai jumpa di artikel berikutnya, nantikan terus berbagai artikel menarik hanya di Guitarsquartz.




0 comments: