IBX5981FE7FCD958 Berbagai Jenis Loop Switcher Untuk Efek GItar

Berbagai Jenis Loop Switcher Untuk Efek GItar

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Efek stompbox memang terlihat keren, klasik, dan terkesan 'gitaris banget'. Tapi salah satu kekurangan efek analog dikenal dengan istilah 'tap dancing'. Yaitu ketika kaki kita harus lincah untuk menginjak lebih dari satu efek.

Untuk itu kita membutuhkan sebuah alat yang bernama loop switcher. Loop switcher ini berguna untuk mem-bypass atau menyalakan beberapa efek sekaligus hanya dengan sekali tekan saja. Alat ini akan sangat berguna untuk yang memiliki banyak efek.

Sebelum kita bahas lebih jauh, mari kita kenali dulu beberapa jenis Loop Switcher, karena tidak semua jenis loop switcher dapat menyimpan preset.


True Bypass Looper
Loop switcher jenis ini tidak bisa diprogram atau menyimpan preset mana efek yang menyala dan bypass. Loop switcher ini juga tanpa sirkuit aktif seperti buffer atau booster untuk men-drive sinyal gitar.

Kegunaan utama switcher jenis ini adalah agar kaki tidak terlalu jauh menginjak efek terutama untuk pedalboard besar. Sehingga kita dapat menyalakan efek yang kita butuhkan walaupun berada di paling atas pedalboard misalnya. Bentuk switcher jenis ini juga cukup kecil dan ramping untuk diletakkan di bagian paling bawah pedalboard.

Contoh True Bypass Looper buatan GigRig


Programmable Loop Switcher
Jenis loop switcher ini dapat menyimpan preset untuk efek mana saja yang akan dibypass serta yang menyala. Untuk beberapa loop switcher programmable memiliki 2 mode, yaitu preset atau live mode (true bypass looper).
Programmable loop switcher Mooer L6
Misalnya pada loop 1 ada overdrive, loop 2 booster, loop 3 distorsi, loop 4 chorus, loop 5 delay, loop 6 reverb. Kita bisa menyimpan preset misalnya footswitch 1, sound clean hanya loop 4 (chorus) yang aktif. Lalu untuk sound lead, booster, distorsi, serta delay (loop 2,3,5) yang diaktifkan, untuk sound ritem overdrive dan distorsi yang on, dan seterusnya.

Dengan menyimpan preset kita hanya perlu menginjak satu kali untuk mengatur mana saja efek yang bypass dan aktif. Cukup praktis dan membuat kita lebih berkonsentrasi pada permainan kita.

Loop switcher jenis ini juga sudah dilenngkapi dengan buffer yang bisa di on/off. Dan karena memiliki sirkuit yang lebih kompleks maka ukurannya cukup besar.


Programmable Loop Switcher With MIDI
Masih sama dengan jenisnya dengan switcher sebelumnya, namun memiliki kemampuan mengirim dan menerima perintah MIDI. Beberapa efek digital seperti Chase Bliss, Strymon, dan H9 dapat dirubah preset atau settingannya dengan perintah MIDI. 
Providence PEC 2, loop switcher with MIDI

Jadi misalnya kita memiliki sebuah Eventide H9 misalnya. Pada footswitch/preset 1 kita setting agar sebuah overdrive dan Eventide H9 yang aktif. Di preset 1 tersebut H9 memiliki settingan 'Phaser Wet'. Kemudian di preset 2 kita setting sebuah delay dan H9, tapi H9 nya langsung berubah settingannya menjadi 'Microshift'. Perubahan preset pada efek digital tersebut hanya bisa dilakukan oleh loop switcher MIDI. Sangat fleksibel dan powerful!!

Matrix Switcher
Switcher jenis ini masih jarang diketahui para pemain gitar. Dengan matrix switching kita dapat mengubah jalur efek menjadi paralel, seri, hingga semua efek paralel menuju satu output dan masih banyak lagi. Ditambah MIDI, matrix switcher cocok untuk yang senang bereksperimen dengan signal chain.
Switchblade 8F, salah satu contoh matrix switcher

DIY Loop Switcher?
Sudah banyak sekali tutorial serta video tentang cara membuat loop switcher sederhana. Untuk true bypass loop switcher mungkin masih bisa dibuat dengan bekal skill soldering, tapi untuk programmable apalagi MIDI switcher membutuhkan skill dan pengetahuan khusus. Tapi selalu ada saja orang kreatif yang berusaha membuat switcher yang rumit tersebut. Mungkin Anda salah satu di antaranya...























0 komentar: