IBX5981FE7FCD958 Shielding Murah Meriah Dengan Aluminium Tape!!

Shielding Murah Meriah Dengan Aluminium Tape!!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Noise pada gitar dan bass yang berlebihan dapat mengganggu penampilan kita serta juga mengurangi kenikmatan bermain musik. Meskipun tidak dapat dihilangkan seratus persen, tapi ada beberapa cara untuk mengurangi noise tersebut.

Noise atau gangguan suara pernah dibahas pada artikel "Sumber Noise Pada Alat Musik Dan Cara Mengatasinya." Nah, kali ini kita akan membahas salah satu cara untuk melawan noise, yaitu dengan shielding.

Shielding berarti menutup atau melapisi rongga yang ada pada gitar dan bass, seperti pada control cavity, trem cavity atau tempat output jack, dengan material konduktif seperti shielding paint atau copper tape.

Teori Dibalik Shielding
Shielding adalah cara yang cukup umum untuk menahan radiasi dari gelombang radio. Biasanya cat khusus untuk shielding dipakai untuk menutupi kamar atau ruangan yang berdekatan dengan menara BTS atau sumber pemancar gelombang radio lainnya. Karena paparan gelombang radio terus menerus tidak baik untuk tubuh manusia.

Sedangkan untuk gitar, shielding digunakan untuk menghalangi noise yang berasal dari peralatan elektronik seperti lampu neon, handphone dan rata-rata peralatan elektronik pasti memancarkan gelombang radio. Gelombang radio atau RF tersebut dapat masuk ke dalam elektronik gitar dalam bentuk noise. Shielding akan membantu mengurangi dampak RF tadi.


Shielding Menghilangkan Noise?
Shielding tidak dapat menghilangkan noise 100%, namun yang jelas sangat membantu dalam mengurangi noise. Lagipula ada juga noise yang berasal dari pedal atau efek dan juga amplifier. Namun sangat membantu. Contohnya bisa dilihat di video berikut ini.


Bahan Untuk Shielding Pada Gitar Dan Bass
 Bahan untuk shielding adalah copper tape atau shielding paint. Sayangnya kedua material tadi cukup mahal dan cukup sulit ditemukan di Indonesia.

Cara paling mudah dan murah adalah dengan menggunakan tape aluminium. Cukup banyak tersedia di toko peralatan teknik atau juga di toko online. Harga tape aluminium ini tidak sampai seratus ribu Rupiah dan dapat digunakan untuk lebih dari satu gitar. Sedangkan copper tape atau shielding paint bisa sampai tiga kali harga aluminium tape.


Cara Shielding 
Bahan dan alat yang harus kita sediakan adalah aluminium tape, gunting/cutter, solder dan timah, serta multimeter.
 

Cara untuk shielding cukup mudah. Kita tinggal menutupi rongga yang ada pada gitar atau bass dengan alumunium tape tadi hingga rapi. Namun ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

Pada copper tape, lem yang digunakan adalah konduktif alias dapat menghantarkan arus listrik. Sedangkan aluminium tape hanya satu sisi saja yang konduktif yaitu bagian atas yang tidak terkena lem. Karena itu harus kita lipat ujungnya seperti gambar di bawah ini,


ujung tape dilipat




Tambahkan sedikit tape agar koneksi tidak terlepas


dan ditambahkan tape sedikit agar menempel dan terjadi kontak. Cara ini harus kita lakukan setiap kali menambahkan lapisan tape atau ketika tape saling bertumpuk.

Pertama kita lapisi dulu control cavity.
Sebaiknya elektronik seperti volume dan tone dipinggirkan dulu

Biarkan sedikit tape keluar dari cavity agar kontak dengan back plate. Ingat, shileding harus tertutup rapat.
Biarkan tape sedikit keluar agar bisa kontak dengan backplate atau tutup control cavity


Backplate nya ternyata sudah di shielding, dan sudah ada sedikit shielding paint seperti di lubang pickup dan control cavity, tapi tidak cukup banyak...

Setelah selesai, jangan lupa untuk mengecek dengan menggunakan multimeter untuk memastikan seluruh bagian terhubung.


Terakhir, yang paling penting adalah menghubungkan shielding tadi dengan ground dari pickup, bridge serta ground dari jack output. Setelah itu elektronik seperti volume, tone dan switch kita pasang kembali.

Tinggal mengecek dengan mencoba dicolok ke amplifier. Sekarang gitar atau bass kita harusnya sudah lebih senyap dan tidak terlalu noisy. Jika masih ada sedikit noise, pastikan semua bagian dalam sudah terhubung shielding dan tidak ada kabel yang lepas atau lupa terpasang.

Demikian tips singkat tentang shielding menggunakan aluminium tape, nantikan berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.

0 komentar: