Facebook dan Warner Music Kerjasama Lisensi Lagu

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Dalam persaingan media sosial, Facebook dan Youtube bisa dibilang kompetitor. Facebook mengeluarkan jurus ampuh dalam persaingan tersebut : lisensi musik.

Hal in berarti memungkinkan pengguna Facebook dan Instagram dapat mem-posting dengan lagu-lagu dari musisi yang ada di bawah Warner Music, tanpa perlu takut terkena masalah hak cipta. Musisi kemudian mendapat bayaran royalti dari postingan tersebut. Beberapa contoh musisi yang berada di bawah label Warner Music Group antara lain Coldplay, David Guetta, dan RHCP.

Hak cipta lagu di postingan media sosial memang bukan isu yang baru. Youtube termasuk salah satu media sosial yang melarang postingan dengan lagu berlisensi yang berasal dari label rekaman. 

Selain Warner Music Group, Facebook juga melakukan kerjasama serupa dengan Sony Music serta Universal Music Group. Ketiga label tersebut merupakan label rekaman internasional dengan musisi populer yang berasal dari berbagai macam genre. Bisa dibilang hampir seluruh musisi populer berasal dari ketiga label rekaman tersebut. 

Pengguna Facebook serta Instagram kini bisa menggunakan lagu sebagai background dalam pesan teks atau video, asalkan lagu tersebut berada dibawah naungan ketiga label rekaman tadi.



0 comments: