IBX5981FE7FCD958 Profil Band : Freak Kitchen

Profil Band : Freak Kitchen

Leave a Comment
Guitarsquartz.net – Mungkin banyak yang belum mengenal band unik ini. Band yang berasal dari Gothenburg, Swedia ini adalah salah satu harta karun musik rock yang belum diketahui banyak orang. Dengan skill permainan, inovasi musikal serta aksi panggung yang atraktif, Freak Kitchen adalah band yang harus Anda coba untuk dengarkan!!!



Band Member
Band ini beranggotakan Mattias “IA” Eklundh (gitar, vokal), Christer Ortefors (bass), dan Bjorn Fryklund (drum). Sempat mengalami pergantian personel, Mattias adalah member terlama yang bertahan. Dua member sebelumnya, Christian Gronlund dan Joakim Sjoberg keluar di tahun 2000.

 Motor utama band ini adalah sang gitaris yang sudah dianggap berkelas virtuoso, Mattias “IA” Eklundh. Gitaris serba bisa ini memiliki teknik sweep picking yang sempurna, permainan harmonik serta tremolo yang imajinatif, dengan speed jari yang setara dengan Yngwie sekalipun. Namun tentu Christer serta Bjorn juga harus mengimbangi sebagai ritem section yang kompak. Dua member terakhir juga memiliki skill yang tinggi.


Gaya Bermusik
Gaya bermusik Freak Kitchen boleh dikatakan sebagai progresif rock, namun sebenarnya sebuah genre tertentu tidak dapat menjelaskan keseluruhan musik Freak Kitchen. Band ini gemar mengeksplor berbagai jenis musik dan semua itu dilakukan dengan skill tingkat tinggi. Mulai dari pop, samba, classic rock hingga metal. 

Untuk menambah keunikan Freak Kitchen, lagu-lagunya dinyanyikan dengan lirik bertema humor, konsumerisme, serta kritik sosial terhadap masyarakat modern. Liriknya kadang sinis dan sering mengangkat tema dark humour.

Karir
Freak Kitchen sudah ngeband sejak tahun 1992 sampai sekarang. Selama itu, mereka telah merilis 9 album dan 1 EP. Mereka masih aktif turing di berbagai tempat di dunia selain di kampung halaman mereka di Swedia. Freak Kitchen juga sekarang tengah menggarap album baru yang mungkin akan rilis awal tahun ini.
Mereka juga sering berkolaborasi dengan berbagai musisi progresif lainnya, seperti Bumblefoot, Jonas Helborg, Meshuggah, hingga Steve Vai.


Songs You Need To Listen
Beberapa lagu dibawah ini adalah lagu-lagu yang mungkin menarik perhatian Anda untuk mendengarkan Freak Kitchen. Untuk Anda yang senang dengan aransemen musik metal progresif atau klasik rock mungkin akan menyukai musik-musik Freak Kitchen. Saya memilihkan beberapa lagu dari tiap album yang cukup mewakili spirit Freak Kitchen.

Appetizer (1994) – Blind
Appetizer (1994)-Appetizer
Spanking Hour (1996)-Taste My Fist
Spanking Hour (1996)- Jerk
Freak Kitchen (1998) – We’ve Heard It All Before
Freak Kitchen (1998)-Broken Food
Dead Soul Man (2000)-Gun God
Dead Soul Man (2000)-Everything Is Under Control
Move (2002)-Nobody’s Laughing
Move (2002)-Razor Flower
Organic (2005)-Look Bored
Organic (2005)- Speak When Spoken To
Organic (2005)-Heal Me
Land Of The Freaks (2009)- Murder Groupie
Land Of The Freaks (2009) – Hip Hip Hoorah
Land Of The Freaks (2009)-The Only Way
Cooking With Pagans (2014)-Freak Of The Weak
Cooking With Pagans (2014)-Mathematics Of Defeat

Cukup banyak ya hehehe.. Meskipun begitu, silakan menambahkan jika ada lagu Freak Kitchen yang menurut Anda oke. Lagu-lagu diatas dapat Anda temukan di laman Spotify Freak Kitchen.


Dari beberapa lagu diatas, kita bisa melihat betapa luwes serta mahirnya Freak Kitchen dalam meramu musik mereka. Freak Kitchen tidak mematok satu genre tertentu untuk karya mereka, meskipun masih memiliki benang merah yaitu rock.  Mulai dari pop hingga heavy metal semuanya bisa kita temukan dalam karya-karya Freak Kitchen.

Sampai di sini dulu artikel tentang Profil Band Freak Kitchen. Semoga dapat menambah referensi Anda tentang musisi yang jarang terekspos namun memiliki karya yang tidak kalah dengan mereka yang sudah terkenal. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.


0 komentar: