IBX5981FE7FCD958 Peresmian Erwin Gutawa Music School yang Mengusung Semangat “Music for Everyone”

Peresmian Erwin Gutawa Music School yang Mengusung Semangat “Music for Everyone”

Leave a Comment
Guitarsqartz.net - Rabu, 17 januari 2018 - Kabar terbaru dari musisi papan atas ternama Erwin Gutawa yang dikenal sebagai orkestrator, penata musik, komponis, konduktor, produser dan pendiri Erwin Gutawa Orkestra yang karya musiknya telah dikenal serta meraih berbagai penghargaan, secara resmi membuka lembaga pendidikan musik EGMS (Erwin Gutawa Music School) yang berlokasi di Jl. Suryo No.19, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. EGMS hadir untuk menjadi ruang bagi mereka yang ingin mengasah talenta dan kemampuan musiknya untuk menjadi musisi handal dan professional atau bagi mereka yang memiliki hobi bermain music dan ingin menambah wawasan tentang musik.


Erwin Gutawa Music School merupakan salah satu wujud cintanya yang dalam terhadap musik yang sudah menjadi bagian hidupnya. Rasa cinta itu mendorong keinginan untuk berbagi ilmu tentang musik seta mencari bakat-bakat terpendam yang berpotensi menjadi musisi berkualitas dimasa mendatang. Didukung oleh teman-teman musisi yang namanya sudah dikenal dan memiliki concern yang sama terhadap kualitas pendidikan music, EGMS hadir dengan program yang menarik serta sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didiknya.


Dengan semangat “Music for Everyone”,  EGMS hadir untuk peserta didik dari berbagai kalangan, umur serta aspirasi bermusik juga dituangkan kedalam berbagai program, yaitu “Music Course”, Music Lovers”, Music College”, dan Music Preneur”. Kami EGMS melihat ada kebutuhan khusus diindonesia, dengan murid yang belajar musik punya impian-impian masing-masing. Jadi kami berusaha merancang supaya semua orang ada programnya yang cocok. Ujar Eric Awuy, Program Director dari EGMS.

“Music Course” merupakan program utama EGMS bagi peserta yang ingin mengembangkan kemampuan bermain alat musik serta menambah wawasan bermusik. Yang istimewa, EGMS hadir dengan kurikulum ORISINAL yang disusun secara khusus oleh alhi tim EGMS, menyesuaikan dengan perkembangan jaman seta kebutuhan bermusik di Indonesia. Tersedia beragam pilihan instrument dalam program Music Course, mulai dari orchestral instruments – seperti piano, gitar, klasik, stri ng (violin, viola, cello, contrabass) winds (flute, oboe, clarinet, bassoon, saxophone), Brass (horn, trumpet, trombone, tuba), serta percussion ataupun rhythm section termasuk drum, gitar elektrik, bass eletrik, dan keyboard/synth/pop-jazz piano dan tentunya vokal klasikal maupun pop/kontemporer. Tak hanya keas privat, para peserta Music Course pun memiliki kesempatan untuk mengikuti kelas ensemble, sehingga belajar music menjadi lebih menarik sekaligus melatih kepekaan untuk bermain bersama dan berkolaborasi dengan musisi lain.

Ada pula “Music Lovers”, program yang disusun untuk para pencinta musik yang mencari kegiatan bermusik, menyalurkan minat, serta mengasah kemampuan bermusiknya, dengan bimbingan instruktur professional serta fasilitas yang lengkap dan modern. Dengan pendekatan yang lebih dipersonalisasi, dan program Music Lovers, para peserta dapat menentukan sendiri lagu, teknik, serta tingkat kesulitan yang ingin dikuasai. Music Lovers terbuka untuk semua umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa dan lanjut usia, dengan pilihan kelas vokal, violin, saxophone, flute, clarinet, piano pop, dan gitar.

Selain itu, terdapat “Music College” para peserta yang ingin meningkatkan skill bermusik ke level yang lebih tinggi serta memiliki disiplin ilmu music yang lengkap dan mendalam. Program ini dipersiapkan untuk mencetak musisi yang handal dan mampu bersaing di industry music nasional maupun internasional, baik secara praktik maupun akademik. Karena tidak hanya bermain instrument, peserta juga akan dibekali teori, ear training, sejarah, analisa, komposisi, dan sebagainya. Program ini akan segera dibuka pada pertengahan tahun 2018.

Program terakhir dan yang akan membuat EGMS berbeda dari sekolah-sekolah music pada umumnya adalah “Music Preneur” yaitu program non-instrumen yang mempelajari seluk beluk industri, teknologi maupun kreativitas dalam bermusik. Program ini dipersiapkan bagi peserta didik yang ingin memperkaya pengetahuan mereka tentang aspek-aspek lain dari music diluar bermain instrument, dengan modul-modul seperti Music Branding & Marketing, Music Legal, Recording for Musicians, Digital Audio Workstations, Electronic Music Production, Basic Songwriting, Basic Arranging dan Essential Music Theory for Working Musicians. Modul-modul ini merupakan group class yang terdiri dari 12 kali pertemuan selama 1.5 bulan. Program Music Preneur juga akan mengadakan clinic/workshop secara rutin membahas isu-isu menarik seputar musik.

Semua program dan kurikulum di EGMS disusun oleh Erwin Gutawa dan para musisi professional yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi di bidang music serta pengalaman dan wawasan yang luas dalam industri musik. EGMS juga didukung oleh guru dan staff pengajar yang juga berpengalaman dalam pengajaran music sehingga memungkinkan para peserta didik untuk mendapatkan kesempatan belajar dilingkungan professional. Fasilitas yang lengkap dan modern-teknologi canggih dalam setiap ruang kelas, computer lab, perpustakaan, studio rekaman, dan auditorium kapasitas 40 orang - juga menjadi kekuatan EGMS dan menjadikan EGMS pilihan yang tepat untuk belajar dan mendalami kemampuan bermusik.

Dengan lingkungan belajar yang professional, saya berharap Erwin Gutawa Music School ini bukan hanya sekedar tempat untuk belajar music namun juga bereksperimen dan berkreasi bersama. Tidak menutup kemungkinan para peserta didik yang bertalenta dapat berkolaborasi dengan saya ataupun pengajar yang lain untuk menciptakan karya yang baru. Ungkap “Erwin Gutawa”.






0 comments: