IBX5981FE7FCD958 Java Jazz 2018 Usung Tema “Celebrate Jazz In Diversity”

Java Jazz 2018 Usung Tema “Celebrate Jazz In Diversity”

Guitarsquartz.net - Festival jazz internasional kebanggaan Indonesia ini akan kembali digelar bulan Maret nanti. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Java Jazz kini mengangkat tema yang terinspirasi dari keadaan dunia saat ini. 

Ditengah isu SARA yang semakin mengemuka, baik di Indonesia maupun belahan dunia lain, penyelenggara menganggap jazz adalah alat untuk mempersatukan berbagai karakter manusia dalam satu wadah, yaitu sebagai pecinta musik jazz. 

Filosofi ini juga diterapkan pada musisi yang diundang ke Java Jazz. Tidak hanya jazz yang identik dengan big band dan trio, berbagai nama baru juga ikut meramaikan festival ini, mulai dari rock hingga R&B dan indie pop. 

Salah satu kejutan adalah hadirnya Goo Goo Dolls sebagai salah satu penampil utama. Bukan hanya sekedar ajang untuk mendulang uang, namun pemilihan Goo Goo Dolls dianggap penting sebagai salah satu cara untuk merayakan keberagaman dalam musik. Hal ini sepertinya mencontoh berbagai festival jazz luar negeri yang juga sering mengundang musisi populer dari genre lain. 

Masih memiliki banyak penampil, sekitar 100 musisi dalam dan luar negeri ikut meramaikan Java Jazz 2018. Gitaris jazz Larry Carlton serta Lee Ritenour juga ikut hadir sebagai salah satu penampil tetap festival Java Jazz. Penampil tetap lainnya adalah Ron King Big Band yang sudah beberapa kali tampil di Java Jazz. Untuk nama lokal ada Dewa Budjana dan Idang Rasjidi, pianis jazz Indonesia yang sudah malang melintang di ber bagai festival jazz internasional. 

Untuk musisi popnya, ada Yura Yunita, Glenn Fredly, Kunto Aji, dan Petra Sihombing. Para musisi dari indie pop juga cukup banyak, mulai dari Mondo Gascaro, Maliq and D’Essentials, Rendy Pandugo dan masih banyak lagi. Diantara nama tersebut adalah Mateus Asato, musisi yang tenar lewat Instagram dan sekarang sudah menjadi session player untuk berbagai musisi dunia. Mateus akan berkolaborasi dengan Rafi Muhammad Trio, digawangi oleh drummer serta komposer berbakat, Rafi Muhammad. 


Acara yang diselenggarakan oleh Java Festival Production ini masih bertempat di JI Expo Kemayoran, dari tanggal 2-4 Maret 2018. Java Jazz tahun ini adalah festival yang ke 13.