IBX5981FE7FCD958 7 Gitar Termahal Di Dunia

7 Gitar Termahal Di Dunia

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Gitar adalah salah satu alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Gitar memiliki beberapa bagian dengan dilengkapi 6 senar. Gitar masih dibagi menjadi 2 jenis yaitu gitar tradisional dan gitar modern. Gitar tradisional biasanya terbuat dari berbagai macam kayu dengan senar yang terbuat dari nilon atau baja. Sedangkan pada gitar modern terbuat dari material polikarbonat. Selain dari material pembuatnya, gitar juga dibedakan menjadi dua yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Gitar akustik ditandai dengan badannya yang berlubang. Jenis ini sudah bertahan sejak bertahun-tahun lamanya. Gitar akustik terdiri atas gitar akustik senar nilon, gitar archtop dan gitar akustik senar-baja. Gitar akustik dimainkan dengan instrumen solo memakai teknik fingerpicking komprehensif.

Selain gitar akustik, ada juga yang disebut gitar elektrik. Gitar elektrik sudah ada sejak tahun 1930an. Gitar elektrik ini tadinya sama-sama memiliki lubang seperti gitar akustik. Namun akhirnya body padat dirasa lebih cocok untuk digunakan pada gitar elektrik ini. Gitar elektrik menjadi instrumen utama pada musik jazz, reggae, country, metal, rock dan berbagai macam bentuk musik pop lainnya.

Kendati gitar dilihat sebagai alat musik seperti pada umumnya, ternyata ada beberapa gitar yang dijual dengan harga yang fantastis. Berikut adalah 7 gitar dengan harga paling mahal di dunia.

1. Fender Stratocaster, Reach Out to Asia ($ 3,7 juta)
Reach out to Asia Fender Stratocaster
Gitar ini terjual dengan harga 2,7 juta dolar Amerika dalam sebuah acara penggalangan dana korban tsunami yang bertajuk Reach Out to Asia. Acara amal ini dikoordinasi oleh Bryan Adam di Qatar pada tahun 2005. Gitar ini ditaksir dengan harga tinggi karena memiliki tanda tangan dari beberapa nama-nama terkenal seperti Def Leppard, Ritchie Blackmore, Paul McCartney, Angus & Malcolm Young, Tony Iommi, Ronnie Wood, Liam Gallagher, Ray Davis, Mark Knopfler, Pete Townsend, Jeff Beck, David Gilmour, Jimmy Page, Brian May, Eric Clapton, Keith Ricards, Mick Jagger dan Bryan Adam sendiri. Dalam acara penggalangan dana tersebut gitar ini dibeli dengan harga $ 1,000,000 oleh keluarga kerajaan Qatar. Setelah itu dijual lagi dengan harga $ 2,700,000. Totalnya gitar ini telah menghasilkan $3,7 juta untuk acara amal.

2. Stratocaster 1968, Jimi Hendrix ($2,000,000)



Jimi Hendrix memiliki gitar favorit warna Olympic White dengan nomor seri 240981. Gitar tersebut menemani Jimi Hendrix ketika tampil di Woodstock Festival pada tahun 1969. Gitar ini menjadi instrumen yang paling dekat dengan Jimi Hendrix sepanjang karirnya, walaupun Jimi sempat memainkan berbagai gitar selain gitar ini. Gitar ini kemudian dibeli oleh Paul Allen dari Microsoft pada tahun 1998 dengan harga $ 2.000.000 dan saat ini ditempatkan di Experience Music Project di Seattle, Washington, yang sekaligus merupakan kampung halaman Jimi Hendrix. Museum ini didedikasikan untuk menyoroti sejarah Jimi Hendrix selama karirnya dalam dunia musik.

3. Wasburn 22 Series Hawk Custom, Bob Marley ($1,2 - $2 juta)


Gitar ini di lelang pada acara amal yang bertajuk Different Journeys, One Destination oleh Gary ‘Sir Johan’ Karlsen III. Beliau adalah satu-satunya orang yang telah diberikan sebuah gitar secara langsung oleh Bob Marley. Hal ini dikarenakan Gary adalah mantan rekan band Bob dan masih memiliki hubungan keluarga. Intrumen ini masuk dalam aset nasional pemerintah Jamaika dan salah satu dari 7 gitar ikon reggae, Bob Marley. Sayangnya, tidak diketahui harga pasti dari gitar ini. Namun diperkirakan harganya berada pada kisaran $1,2 - $2 juta.

4. Gibson ES-335 TDC 1964, Eric Clapton ($ 847.500)


Eric Clapton telah menggunakan gitar ini selama karirnya. Gitar ini juga digunakan saat sesi rekaman dengan Blind Faith di Morgan & Olympic Studio juga selama tour di Skandinavia dan Amerika. Eric sering menggunakan gitar ini pada tahun 1964 namun pada tahun-tahun berikutnya sudah semakin jarang. Gitar ini terjual dengan harga $ 847.500.

5. Gibson SG 1965, George Harrison dan John Lennon ($ 570.000)


Gitar ini digunakan The Beatles kisaran tahun 1966 dan 1969. George Harison memakainya ketika tur album “Revolver” dan John Lennon menggunakannya selama sesi album “White”. Gitar ini terjual dengan harga $ 570.000 di balai lelang Christie.

6. Gold Leaf Stratocaster, Eric Clapton ($ 455,000)
 
Saat perayaan HUT Fender yang ke 50 pada tahun 1996, Eric meminta Fender Custom Shop untuk membuat gitar yang tahan lama yang akan disimpan dalam museum pribadinya. Fender kemudian membuat sebuah gitar Gold Leaf Stratocaster yang hardwarenya terbuat dari lapisan emas 23 karat. Gitar ini juga digunakan Eric pada Legend Tour di tahun 1997. Setelah itu gitar ini terjual dengan harga $455,00 di balai lelang Christie pada 24 juni 2004.

7. Brownie Stratocaster, Eric Clapton ($ 497,500)

Eric Clapton seakan tidak kehabisan gitar Legend. Gitar yang dikenal dengan sebutan “Layla Stratocaster” ini terkenal setelah tampil di bagian sampul album Derek & The Dominos, Layla and Other Assorted Love Song. Pada 24 juni 1999 Eric menjual gitar tersebut di balai Christie dengan harga $ 497,500 dan menjadi gitar paling mahal saat itu.

Kendati gitar-gitar milik Legend musik diatas memiliki harga yang fantastis, namun sangat menggembirakan ketika mengetahui bahwa sebagian besar diantaranya digunakan untuk menyumbang pada kegiatan amal. Jadi, selain memiliki nilai jual yang fantastis, gitar ini juga bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan.


0 comments: