Tips Persiapan Bagi Gitaris Pemula Sebelum Performance

Leave a Comment
Panggung Musik

Mungkin kita sering menyaksikan di panggung-panggung musik yang menampilkan aksi panggung beberapa grup band yang masih baru terbentuk atau bisa juga disebut dengan pemula. Dan dari grup band tersebut terlihat kurang sekali dapat menghibur penontonnya. Justru sebagian lagi membuat kecewa penonton, padahal hal tersebut bukanlah hal yang disengaja dilakukan oleh grup band tersebut. Akan tetapi mereka itu adalah grup yang masih pemula dalam aksinya di panggung oleh karena itu wajar jika penampilan mereka kurang baik.

Beberapa hal yang menjadikan penampilan panggung mereka terganggu adalah disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu: kurang menguasai alat, latihan yang kurang serius, dan mental yang kurang terasah. Hal yang demikian itu tak harus terjadi jika sebuah grup band tersebut sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Panggung merupakan tempat seorang gitaris (musisi) untuk berEkspresi dan menampilkan karya – karya nya, maka dari itu seorang gitaris (musisi) harus tampil sempurna untuk menarik perhatian penonton. Kostum dalam manggung juga harus disesuaikan. Dan untuk konsep manggung yang matang ada hal yang terpenting yang harus di persiapkan oleh seorang gitaris. Antara lain adalah peralatan – peralatan gitarnya. Antara lain yaitu Gitar, senar, kabel, efek, adaptor, DLL.

Berikut Tips Persiapan Gitaris Sebelum Manggung / Perfomance

20 menit sebelum tampil atau 1 band sebelum band anda tampil, pastikan alat yang anda bawa sudah dalam kondisi siap. gunakan tuner untuk memastikan gitar atau bass tidak fals. Lakukan pemanasan. hal ini sangat diperlukan agar saat perform di atas panggung tidak terjadi lupa kord. 

Periksa juga kondisi elektronik gitarmu untuk menghindari trouble yang sering terjadi seperti Gitar yang mati saat berada di tengah lagu. jangan lupa untuk membawa Strap, Tuner, Kabel jack, Pick. Kemudian pastikan semuanya pada keadaan yang baik.

Jika saat itu anda sudah mulai merasa grogi (biasanya dikarenakan band sebelum anda memiliki perform sangat bagus), minumlah sedikit air putih dan lakukan sebuah kegiatan. Anda dapat tetap pemanasan atau berjalan-jalan disekitar panggung. Sebelum anda naik panggung atau 1 lagu terakhir sebelum band anda tampil, 5 menit sebelumnya anda cek kembali gitar dan bass anda memakai tuner. 

Bisa juga jika anda ingin perform anda sempurna seminggu sebelum performance anda membayangkan bahwa anda sedang perform di panggung itu dengan sempurna hingga semua penonton terkesima dengan anda, bayangkanlah dengan jelas dipikiran anda dengan sedetailnya sekitar (15-30 menit setiap hari selama 1 minggu) sampai anda yakin digambaran mental pikiran anda bahwa anda sudah perform dengan sempurna. Semudah itu, gampang banget kan!

Jika anda pengguna pedal Stompbox pasti kan juga pedal-pedal anda berfungsi secara baik, perhatikan juga kualitas kabel FX to FX (jumper) dalam kondisi baik, dan pastikan adaptor/powersupply anda dalam kondisi baik juga. Bawa juga baterai 9v untuk mengatasi kemungkinan buruk yang terjadi di panggung. Apabila tidak menggunakan amplifier sendiri dan memakai yang ada di panggung, maka pilihlah amplifier yang sesuai dan nyaman. Sebaiknya sediakanlah 2 amplifier atau lebih.

Ada baiknya membawa guitar cadangan, bilamana satu gitar mengalami putus senar atau gangguan tehnis lainnya. yang lebih baik membawa pick secukupnya. Dan periksa Batrei wirelees bila menggunakan wireless. Sebagai seorang gitaris anda harus melihat kapasitas listrik yang hendak dipakai saat performance. Apabila dirasa kurang maka FX yang digunakan mesti menggunakan stabilizer ataupun baterai saja. Periksa kabel yang akan digunakan.

Senar gitar atau bass tiba-tiba putus saat sedang memainkan lagu, apabila ini terjadi janganlah gugup atau bingung. Bila dengan senar yang putus anda masih bisa bermain dan tidak begitu mengganggu lagu yang sedang dimainkan maka teruskanlah. Jangan menampakkan sikap yang akan menurunkan mental pemain yang lain.

Akan tetapi bila keadaan tersebut mengganggu maka mintalah kepada personil lain untuk menghentikan permainan dan segeralah ganti gitar. Siapkanlah tuner mute sebagai senjatanya agar permainan terlihat prima dan mantab.

Demikianlah Tips persiapan bagi kamu gitaris pemula sebelum perfomance. Semoga bermanfaat dan Teruslah berlatih. Majulah Calon Gitaris Indonesia!


0 comments: