IBX5981FE7FCD958 Tips Motivasi Menjadi Gitaris Sukses

Tips Motivasi Menjadi Gitaris Sukses

Leave a Comment
Mike Adkins - Guitarist

Guitarsquartz.net - Untuk anda yang ingin menjadi seorang gitaris memang tidak harus dengan pendidikan formal. Bagi anda yang mempunyai hobi bermusik dan ingin menjadi seorang gitaris handal dengan cara belajar sendiri. Menjadi seorang pemain gitar professional, memang bukan hal yang mudah. Selain berlatih dengan keras, juga mempunyai keyakinan penuh optimis dan percaya dengan diri sendiri. Belajar memainkan alat musik gitar tentu bukan masalah hanya permainan jari atau banyaknya musik yang dimainkan dengan gitar. Namun juga dengan kekuatan mental dan permainan kreativitas pada kepala anda. Semakin anda memunculkan berbagai kreasi dan semakin anda bereksperimen. Maka semakin anda bisa memainkan musik apapun tanpa adanya kesulitan. Mengetahui bahan gitar dan juga spare part juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan dalam memainkan sebuah gitar dengan professional. Anda juga harus pandai dalam melakukan berbagai kombinasi, supaya tercipta ritme dan nada yang cocok dan sempurna. 

Berikut ini tips Agar Anda menjadi seorang gitaris yang sukses.

Miliki gitar sendiri

Untuk menjadi gitaris, sebaiknya anda punya gitar sendiri yang sesuai dengan anatomi tangan anda. Sebab masing masing manusia memiliki ukuran tangan yang berbeda. Perlu anda ketahui, selain warna, tiap gitar elektrik ataupun gitar akustik memiliki perbedaan, baik dari bentuk body, (besar atau kecilnya, serta ukuran panjang dan lebar neck,) maupun bahan dasarnya. Dengan punya gitar sendiri, anda akan biasa memainkan gitar tersebut. Saat anda memainkan nada, khususnya ketika anda memainkan melodi, anda tidak perlu terlalu khawatir jari anda tergelincir diatas fret karena anda memainkan gitar anda yang sama yang anda mainkan di rumah, di studio ataupun di atas panggung.

Gunakan jari secara maksimal

Hal ini sangat penting, mengingat point dalam hal bermain gitar, terletak pada jari anda dalam menguasai bermain gitar. Hal yang perlu anda perhatikan adalah jangan hanya menggunakan jari tengah atau jari telunjuk saat bermain gitar. Usahakan untuk menggunakan kelima jari anda secara efisien. Seperti inilah yang dimaksud dengan memakai jari anda dengan maksimal. Anda juga harus bisa memberikan totalitas anda dalam bemain gitar. Dalam menekan senar, berikan totalitas pada jari anda, sehingga anda yakin dalam memainkannya. Latihlah pula kecepatan setiap jari tangan dengan benar.

Bersikap optimis akan hasil

Tips menjadi pemain gitar profesional bisa datang dari rasa optimis yang anda punya. Optimis dapat mensugesti anda agar lebih baik. Jangan pikirkan hal lain, usahakan yang terbaik dan selalu berfikir postif atas atas apa yang kita kuasai. Dengan berpikir optimis, otomatis apa yang kita pelajari dalam kita kuasai dengan cepat dan mudah. Jangan terkonsentrasi atas ambisi kalian, jalani dulu yang sudah anda lakukan.

Pelajari Teknik Gitar

Tak hanya sikap optimis saja, tentu saja kita harus mempelajari teknik gitarnya terlebih dulu. Seperti pull-off, hammer on, bending, pick slide, arpeggio, vibrato, legato, harmonic dan beberapa teknik gitar lainnya yang dapat anda kuasai nantinya. Pada saat anda mempelajari teknik gitarnya, variasikanlah dengan beberapa teknik gitar itu. Jadi, dapat menjadikan anda bersemangat untuk mempelajarinya dan pastinya tidak monoton.

Bergabung dengan atau membentuk sebuah band

Dengan bergabung atau membentuk sebuah band, maka anda akan belajar bagaimana caranya agar anda dapat membawakan lagu orang lain atau band lain semirip mungkin baik dari segi sound maupun secara teknik. Usahakan bisa memainkan lagu karya anda sendiri atau karya dari orang lain. Dalam sebuah band, anda juga akan belajar bagaimana caranya mengisi suara gitar rythm 1 dan suara gitar rythm 2, atau suara gitar rythm dan melodi, agar suara atau sound yang dihasilkan lebih berwarna.

Demikianlah Tips Motivasi Menjadi Gitaris Sukses, Semoga bermanfaat. Majulah Gitaris Indonesia!





0 comments: