IBX5981FE7FCD958 Tips Memilih Gitar Yang Berkualitas

Tips Memilih Gitar Yang Berkualitas

Leave a Comment



Tips Membeli Gitar Elektrik Baru Ataupun Bekas

GuitarSquartz.net - Tips Membeli Gitar Berkualitas. Ingin membeli gitar baru tapi tidak tahu cara memilih gitar yang bagus dan berkualitas? Tenang saja di postingan kali ini kami akan membagikan tipsnya untuk membeli gitar dengan kualitas bagus dan tentunya  awet. Bagi Anda seorang pemula ataupun dalam tahap belajar pasti kalau mau membeli gitar agak bingung ya, tidak tahu cara memilihnya, takut nantinya kalau mau beli dibohongi, Nah sebelum Anda membeli gitar baru alangkah baiknya Anda cek dulu tuh kualitas gitarnya.

Saat ini ada banyak merk-merk gitar yang terkenal diluar sana seperti ibanez, gibson, fender, yang beredar di indonesia, tapi apakah benar2 asli, tiruan berapa sih harga gitar yang bener-bener asli? Butuh ketelitian dan juga kepekaan agar Anda bisa membeli gitar yang bagus dan tentunya mempunyai kualitas suara yang bersih atau enak di dengar  sobat.

Harganya menjadi jauh lebih mahal. Lalu bagaimana cara memilih gitar yang bagus jika ingin membelinya langsung di toko musik?

Berikut cara memilih gitar baru yang bisa Anda ikuti:

Tentukan tipe gitar

Pilih apakah Anda akan membeli gitar tipe classic, akustik dan elektrik. nah kalau Anda yang memiliki dana terbatas dan pemula, ada baiknya memilih gitar classic atau akustik. Harganya juga lebih murah dibanding gitar listrik dan lebih mudah untuk belajar bagi tahap pemula. Tapjika memiliki dana yang lebih, Anda bisa langsung membeli sekalian gitar classic,  akustik dan elistrik. Hehee 


Mintalah nasihat kepada orang lain
Jangan ragu untuk minta saran dan pendapat orang lain sudah berpengalaman dalam gitar. Hal ini sangat penting karena dapat menambah informasi tentang gitar yang akan Anda beli. Selain gitar yang berkualitas, gitar yang memiliki nada terbaik pasti akan Anda dapatkan. Sehingga kualitas permainan Anda pun meningkat.

Bahan Gitar 

Perhatikan bahan kayu yang digunakan gitar akustik tersebut. Ada beberapa jenis kayu yang sering dipakai dalam pembuatan gitar akustik seperti mahogany, spruce, rosewood, nato dan lain-lain. Penulis menyarankan jenis kayu rosewood dan spruce yang digunakan pada gitar akustik karena mempunyai suara akustik yang baik dalam hal volume suara yang keras, natural dan jernih.

Dengarkan suaranya

Jangan terburu-buru membeli gitar karena tertarik dengan penampilannya. Yang terpenting adalah kualitas suaranya. Coba Anda dengarkan baik-baik kualitas suara dari gitar yang ingin dibeli. Dengarkan dengan jeli apakah ada suara dengung atau tidak. Pilih gitar yang punya suara bersih dan terdengar cukup keras namun tetap halus dan jernih

Garansi gitar Satu faktor penting dalam membeli gitar akustik adalah jangan lupa untuk menanyakan garansi gitar yang akan kita beli baik itu garansi yang didapat dari toko atau brand/merk gitar. Ini hal yang sangat penting, karena jika kita mengalami masalah teknis atau non-teknis akan lebih mudah untuk menanganinya karena kita sudah memiliki garansi atau jaminan dari toko tersebut.

Melakukan riset toko

Setelah Anda membaca banyak ulasan, waktunya untuk melakukan riset secara langsung ke toko-toko gitar di wilayah Anda. Jangan menghabiskan uang sebelum Anda yakin benar apa yang ingin dicari. Ketika mencoba gitar di toko, dengarkan dengan hati-hati, dan rasakan bagaimana ketika memainkannya. Coba perhatikan jika gitar mengeluarkan suara mendengung atau suara yang tak bersih. Jika belum menemukan gitar yang tepat, coba lakukan lebih banyak riset toko, jangan terburu-buru membeli.

Apakah Gitar nyaman jika dipegang?

Pentingnya untuk mencoba gitar sebelum membelinya adalah agar Anda mengetahui apakah gitar tersebut nyaman digunakan dan sesuai dengan jenis permainan Anda. Gitar dengan leher yang terlalu tebal tak cocok jika Anda melakukan permainan cepat. Jika mencari gitar akustik, pastikan kayu gitar berkualitas, karena ini adalah faktor yang penting. Gitar dengan kualitas kayu yang baik sedikit lebih berat dibandingkan gitar dengan kualitas rendah.

Demikianlah tips memilih gitar yang berkualitas, semoga bisa bermanfat bagi Anda semua dan terima kasih sudah berkunjung di blog ini. 



0 comments: