Teknik Gitar Andalan Para Gitaris Metal Core dan Hardcore

Leave a Comment


Teknik gitar andalan para gitaris Metal core dan harcore

GuitarSquartz.net - Apa sih teknik gitar andalan para gitaris Metal core? memang ada banyak teknik yang harus di kuasai oleh seorang yang pertama kali belajar metalcore seperti saya ini :D Berikut saya akan jelaskan mengenai metalcore, Sebenarnya kalau kita lihat dari ciri khas musik Metalcore adalah tuning gitar yang menggunakan drop D, drop C, atau drop yang lain serta teknik breakdown (seperti pada genre hardcore) jadi ini adalah dua point yang wajib kita ketahui dahulu sebelum kita melangkah ke arah yang lebih jauh.
  • Steman/tuning drop adalah tuning dimana senar 6 (senar paling atas) di turunin tuningnya. Misalnya untuk drop D. Bila sebelumnya kita punya tuning standar E-A-D-G-B-E, maka ketika kita ingin menggunakan drop D maka senar 6 kita turunin tuningnya sehingga sama dengan senar 4 yang bernada D, sehingga tuning seluruhnya menjadi D-A-D-G-B-E. 
  • Breakdown adalah teknik gitar adalah membuat suara gitar terputus dengan tempo tertentu. Untuk melakukannya, Anda menggunakan teknik picking cepat kemudian mengambil jeda sepersekian detik. Untuk memahaminys, coba kalian dengarkan lagu-lagu dari August Burns Red. Ini memerlukan kekompakan dengan bass dan kick pada drum
Nah, setelah Anda mengetahui tentang 2 point penting dalam bermain Metalcore, saatnya membahas teknik-teknik yang sering digunakan para gitaris Metalcore. Setidaknya ada 8 teknik yang sering dipakai para gitaris-gitaris metalcore. 


Berikut adalah 8 teknik andalan Gitaris Metalcore dan Hardcore versi GUA.

  1. Downstroke-Upstroke adalah teknik dasar picking. Biasanya dalam metalcore menggunakan picking yang cepat. Baca juga postingan cara melatih picking sederhana.
  2. Pinch harmonic adalah teknik yang menggunakan pick dan dibantu dengan ibu jari sebagai penghasil nada harmonic. Ini dilakukan sepersekian detik setelah Anda memetik senar diikuti sedikit sentuhan dengan ibu jari. Baca panduan belajar Pinch Harmonic.
  3. Lick-lick Arpeggio adalah teknik arpeggio yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga membentuk nada-nada yang indah. Biasanya ditempatkan pada bagian chorus tetapi tidak menutup kemungkinan di bagian intro atau ending part. Anda dapat mendengarnya di lagu-lagu Trivium.
  4. Harmoni Dua Gitar adalah teknik yang memadukan harmoni dari dua gitar sehingga membentuk irama yang indah. Itulah kenapa hampir semua band metalcore menggunakan 2 gitaris. Untuk memahami harmoni antara dua gitar, Anda harus sedikit tahu tentang scale-scale tertentu sehingga memudahkan untuk mencari nada-nada harmoninya.
  5. Tremolo Picking adalah hampir Sama dengan Arternate Picking, variasi tremolo biasanya bisa di bedakan ketika ada 1 nada di petik secara sering (berulang-ulang) dan cepat.
  6. Power Chord Hampir semua musik ber genre metal dan hardcore menggunakan teknik power chord, Baca penjelasan belajar power chord
  7. String Skipping With Palm Muting. Teknik ini sering sekali di gunakan dalam lagu metal seperti pada lagu Unholi Confenssions (Avanged Sevenfold) dan Like Light To The File (Trivium)
  8. Finger Tapping Teknik yang dimainkan tanpa menggunakan pick atau pemetik, melainkan dengan cara jari-jari kedua tangan berada di neck gitar, maka teknik tapping ini bisa juga disebut teknik Two Handed. Teknik tapping ini didasari oleh teknik slur yaitu Hammer-On dan Pull-Off yang dikombinasikan dengan Tap pada jari tangan kanan.
Jika Anda sudah sedikit memahami mengenai ciri khas dari para gitaris metalcore. Ini adalah teknik-teknik umum yang sering digunakan  oleh gitaris metal core. Tentu saja Anda bisa menambahkan teknik-teknik lain, seperti wharmmy bar di solo-solo gitar Anda.

Sekian dulu untuk postingan kali ini, semoga postingan ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini, jika Anda ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar Anda.



0 comments: