Dasar unsur- unsur seni musik

Leave a Comment

Dasar unsur-unsur seni musik

Dasar unsur- unsur seni musik

musik merupakan bunyi / suara yang berasal dari sebuah alat musik , yang meliputi vokal dan intumental . Bunyi atau suara itu sendiri haruslah memiliki unsur-unsur syarat sebagai mutlak agar musik bisa di sajikan, di pertunjukan sebagaimana mestinya....


Unsur-unsur seni musik di antaranya sbb.

Nada
nada adalah getaran teratur tiap detiknya.Sifat nada ada empat yaitu sebagai berikut:
  • fitch, yaitu ketepan jangkauan nada
  • durasi, yaitu lamanya sebuah nada yang harus di bunyikan.
  • intensitas yaitu keras lembutnya nada yang harus di bunyikan.
  • timbre, yaitu warna suara yang berbeda tiap-tiap orang....

Unsur yang pertama
1.Ritme
Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktuk .Birama merupakan pembagian kelompok ketukan dalam waktu.Tanda birama menujukkan jumlah ketukan dalam birama dan not manan yang dihitung dan dianggap sebagai satu ketukan.Nada-nada tertentuk dapat diasentuasi dengan pemberian tekanan (dan pembedaan durasi)


Menurut gitarpedia
ritme adalah pengaturan logis rangkain bunyai berdasarkan lama singkantnya ia dibunyikan agar menghasikan sebuah gagasan musikal, tanpa not sekaligus kita masik bisa membuat musik yang berupa kumpulan bunyi  tetabuhan ritme,sebaliknya, musik tidak akan lengkap apabila tidak ada ritme, sekalipun kita memilik
macam-macam not dan warna suara.

nah berdasarkan pengertian tersebut saya menyimpukan bahwa ritme adalah elemen yang sangat penting bagi pembentukan suatu musik. jadi ritme adalah termasuk dalam unsur musik.

Melodi

rangkain bunyi musikal dari berbagi frekuensi dengan panjang pendek beragam yang ditata secara logi tidak acak sehingga memilik arti yang bisa ditangkap oleh telinga biasa dimainkan sendirian biasa pula diiringi dengan akor. pada dasarnya. semula musik dari popo hingga simfoni untuk orkestra berisi gabungan melodi secara teknis, melodi biasanaya dibuat denagan memperhatikan gerak naik turun nada , pola ritmik nada dasar yang digunakan, bentuk/ struktur musik, hingga pengaruhnya terhadap emosi pendengar.(gitarpedia)



kembali ke ritme . tanpa nada ritme bisa menjadi sebuah musik apabila ditata dengan rapi .Nah apabila ritme tersebut kita letakan sebuah nada atau rangakain nada, maka akan menjadi sebuah melodi.
akan menjadi sebuah Melodi.

jadi melodi termasuk dalam unsur-unsur musik

Harmoni
  • teori tentang struktur akor serta fungsi-fungsinya.
  • keselarasan berbagi bunyi yang terkandung dalam sebuah musik(gitarpedia)
Harmoni secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan (seperti dalam arpeggio). Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan bersamaan biasanya disebut akord. (wikipedia berbahasa Indonesia)

Mari kita lihat pengertian yang kedua.
keselarasan berbagai bunyi yang terkandung dalam sebuah musik

keselarasan" keselarasan bisa diartikan perpaduan. perpaduan ini bisa disebut juga perpaduan nada.

apabila sudah mempunyai ritme, dan sudah mempunyai nada tinggal kita membuat nada tersebut menjadi nada yang padu dengan nada yang lain.

mengapa harus harmoni?
seni berkaitan dengan rasa. tentunya rasa ini adalah rasa keindahan.
tentunya supaya karya yang kita buat menjadi "indah" atau enak didengar oleh semua orang, maka nada-nada tersebut harus disusun sedemikian rupa sehingga menjadi paduan yang luarbiasa. ilmu yang mempelajari itu disebut ilmu harmoni

sebenarnya ada banyak unsur-unsur musik,
namun ketiga unsur tersebut adalah yang utama.

demikian dari saya mengenai dasar unsur-unsurseni musik, apabila yang ingin menambahkan silahkan comment. terimakasih.

www.guitarsquartz.com


0 comments: