IBX5981FE7FCD958 Review Bass Yamaha Attitude Limited 3

Review Bass Yamaha Attitude Limited 3

Leave a Comment

Nama Billy Sheehan harusnya tidak asing di telinga para pemain bass. Skill yang luar biasa, permainan bassnya cenderung melodik serta tone bass unik adalah ciri khas Billy Sheehan.
Untuk mengakomodir kebutuhan Billy yang tidak seperti pemain bass pada umumnya, ia bekerja sama dengan Yamaha, salah satu pembuat instrumen musik terbaik, untuk membuat sebuah instrumen bass sesuai dengan visinya, atau sering disebut dengan nama keren signature series. Bass spesial itu bernama Yamaha Attitude Limited 3. 

Seperti yang sudah disebutkan Billy berulang kali didalam wawancara, basic atau acuan ketika membuat Yamaha Attitude adalah sebuah Fender Precision Bass yang ia modifikasi sendiri dengan menambahkan berbagai fitur unik pada bass tersebut.
Ok, langsung saja kita review bass keren inih!!!


Spesifikasi Neck dan Body
Yamaha Attitude Limited 3 memiliki scale length 34 inci. Necknya terbuat dari kayu maple dan body dari kayu alder. Body nya memiliki bentuk seperti Strat dengan cutaway yang lebar. 

Necknya memuat 21 fret, dengan fitur scalloped dari fret 17 hingga fret 21. Ukuran fret yang digunakan adalah fret jumbo, uniknya dari fret 17 menggunakan ukuran fret yang lebih kecil. 

Konstruksi necknya adalah bolt-on, yang berarti neck dan bodi disatukan dengan menggunakan baut. Tidak tanggung-tanggung, 5 buah baut besar digunakan untuk menyatukan neck dengan body-nya. Hal ini dilakukan agar necknya bisa tetap stabil, karena Billy sering menggunakan teknik yang membengkokkan necknya. Anda fans Billy Sheehan pasti sudah tahu. 

Hipshot Xtender juga terpasang sebagai fitur standar bass ini. Gunanya untuk menyetem senar E menjadi drop D hanya dengan sekali sentuh. 

Spesifikasi Elektronik (Yang Unik)
Bass Yamaha Attitude Limited 3 ini memiliki elektronik atau kelistrikan yang berbeda dibanding bass pada umumnya. Sampai harus memiliki sub judul sendiri hehe. Saya akan mencoba menjelaskannya secara mudah, untuk mereka yang tidak familiar dengan mas Billy. Bass ini memiliki dua pickup. Setiap pickup memiliki output jacknya masing-masing. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, ada dua output untuk masing-masing pickupnya. Unik kan?
Dan setiap pickup memiliki fungsinya sendiri-sendiri. 

Satu pickup didekat neck, bernama pickup woofer khusus digunakan untuk frekuensi low. Pickup satunya lagi digunakan untuk frekuensi high atau treble. Pickup woofer ini juga dipasang dengan sirkuit hi-pass filter untuk menguatkan frekuensi lownya. Dua output yang berbeda ini memungkinkan mas Billy untuk menggunakan distorsi untuk pickup high dan sound clean untuk pickup low. Jadi dua jalur terpisah itu digabungkan dan akhirnya menjadi sound bass Billy Sheehan yang kita kenal sekarang. Gitu lo. 

Playability
Playability = seberapa nyaman bass ini saat dimainkan. Saya ingin menekankan bahwa playability sangat subjektif, karena setiap orang memiliki ukuran fisik berbeda-beda. Neck bass ini cukup lebar, pastinya karena menyesuaikan ukuran tangan Billy yang besar. Tapi masih cukup nyaman dimainkan.

Jika terbiasa memainkan Jazz Bass, maka ukuran neck yang cukup lebar mungkin sedikit menyulitkan. Tapi jika Anda penggemar Precision Bass, seharusnya tidak ada masalah. Untungnya neck ini cukup tipis dan slim, sehingga bisa lari cepat di fretboard. Selain neck tipis, fret jumbo yang digunakan juga sangat meringankan tekanan jari kita. Ditambah dengan ketinggian senar yang diset rendah, cocok untuk shredding bass dalam waktu lama. Walaupun sebenarnya saya kurang suka dengan settingan senar yang terlalu rendah hehe. 

Bass ini juga memiliki scalloped fretboard di 5 fret terakhir. Menurut Billy Sheehan sendiri scallop digunakan agar memudahkan jari tangan melakukan bending. Lanjut ke body. Bentuk bodinya sedikit mengingatkan pada Stratocaster. Meskipun seperti gitar, bodi dari bass Yamaha Attitude Limited 3 ini didesain dengan baik. Ergonomis dan nyaman, berkat body contour yang besar dan lebar. Cutaway besar didesain agar jari tangan mudah meraih sampai fret terakhir.

Sound
Sound adalah salah satu poin plus Yamaha Attitude Limited 3.
Dengan dua jalur lur out, kita bisa menaruh berbagai efek untuk bisa mendapatkan sound yang unik. Namun untuk mendapatkan sound yang maksimal, disarankan pickup woofer dicolok ke ampli bass dengan settingan frekuensi mid dan high yang rendah dan pickup satunya dicolok ke ampli dengan settingan tombol bass yang rendah, atau ampli gitar sekalipun. 

Dan di dua jalur yang berbeda tersebut kita bisa menaruh berbagai efek seusai keinginan. Bass ini sangat cocok untuk kita yang hobi eksperimen. Kita bisa saja menggunakan hanya salah satu pickup tersebut. Pickup woofer nya terasa dalam (deep) dan tebal, sedangkan pickup high nya sedikit garing dan tajam. Kita bisa saja menggunakan salah satu atau keduanya sekaligus, dengan sebuah switch yang terletak pada knop volume pickup highnya.  



Kesimpulan
Bass ini memang bukan sembarang bass. Kualitas bahan dan parts no 1, penuh dengan berbagai fitur menarik serta dapat menghasilkan berbagai sound yang unik. Walaupun untuk soundnya, lebih ditujukan untuk musik rock dengan energi tinggi. Playability nya sangat baik, mudah dan nyaman dimainkan, tidak ada ujung fret tajam ataupun fret yang terlalu tinggi. 

Mungkin butuh waktu untuk bisa memahami bass ini untuk mendapatkan sound yang kita inginkan, alias butuh sedikit eksperimen. Karena hal itu jugalah yang dilakukan Mr. Billy dalam mencari dan menemukan sound bass andalannya. Kualitas alat musik selalu berbanding lurus dengan harganya. Yamaha Attitude Limited 3 ini dijual sekitar 40 juta Rupiah. Dan setahu saya bass ini juga tidak selalu saat tersedia, alias harus memesan dulu langsung ke Yamaha Jepang. Tergantung ditoko musik mana Anda membelinya, harganya bisa cukup mahal. Namun jika Anda memiliki kesempatan untuk memilikinya, maka Yamaha Attitude Limited 3 ini bisa menjadi salah satu bass terbaik yang Anda miliki. 

Spesifikasi Yamaha Attitude Limited 3
General Specifications
General
Construction
Bolt-on (Miter bolting)
Scale Length
34" (863.6 mm)
Body
Body Materials
Alder 3-Piece with Spline Joint
Body Finish
Gloss Polyurethane
Neck
Neck Materials
Maple
Neck Finish
Satin Polyuretharne
Fingerboard Materials
Maple (Scallopps from frets 17th through 21th)
Fingerboard Radius
10" (250 mm)
Fret wire
1-16 Fret: Jumbo, 17-21 Fret: Medium
Number of frets
21
Nut materials
Polyacetal
Width @ 0 Fret / 12th Fret
44.5 / 57.6 mm
Thickness @ 1st Fret / 12th Fret
20.0 / 24.0 mm
Electronics
Neck Pickup
Yamaha Custom Woofer Pickup
Middle Pickup
DiMarzio WillPower
Bridge Pickup
-
Controls
Woofer P.U. Volume, Middle P.U. Volume with Push-Pull Stereo/Mono Switch, Woofer Tone with Woofer High Cut Switch
Pickup Switch
-
Hardware
Bridge
Solid Brass
String spacing
19mm
Tailpiece
-
Tuning Machines
Gotoh GB2 with Hipshot D-Tuner
Pickguard
White Pearl 3-Ply
Others
String gauge
D'Addario EXL170 / 0.045-0.100
Case
Hardshell Case
Special Features
A.R.E. / I.R.A. Treatment



0 komentar: