IBX5981FE7FCD958 Tips Merawat Gitar Supaya Awet

Tips Merawat Gitar Supaya Awet

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Bagi seorang gitaris, gitar bukan hanya sekedar alat musik yang bisa dimainkan. Gitar bisa menjadi benda paling berharga yang tidak boleh rusak sedikitpun. Oleh sebab itu, merawat gitar adalah salah satu hal wajib yang harus diketahui dan dilakukan. Tujuan seseorang merawat gitar adalah agar gitar awet tahan lama dan dapat menghasilkan suara yang yang indah.

Walaupun gitar pada umumnya hanya terbuat dari kayu, namun kita tidak bisa asal-asalan seperti kita membersihkan benda berbahan dasar kayu juga. Merawat gitar dengan cara yang salah malah dapat mengakibatkan gitar tidak berfungsi dengan baik seperti bagian stang gitar yang melengkung atau body gitar yang bisa keropos akibat diletakkan di tempat yang lembab terus menerus. Gitar yang terdiri atas beberapa bagian seperti body, senar, fretboard, tuning keys dan bridge ini memerlukan cara perawatan khusus agar tetap dapat berfungsi sesuai dengan kegunaannya.

Tips merawat gitar dengan benar
Agar gitar anda tetap awet dan dapat menghasilkan suara yang diinginkan, berikut beberapa tips merawat gitar dengan benar yang dapat anda praktekan di rumah.

Tips 1 – Memilih cash
Cash adalah benda utama yang harus dimiliki oleh pemilik gitar. Case ini berperan sebagai rumah untuk gitar anda. Case akan melindungi gitar dari debu, kotoran, udara lembab dan gesekan dengan benda lain yang dapat menyebabkan lecet pada body gitar. Bentuk case ini biasanya terlihat seperti tas. Case gitar ini terdiri atas dua jenis yaitu hardcase dan softcase. Hardcase biasanya terbuat dari kayu atau plastik tebal dan kuat. Sangat pas untuk gitaris yang sering manggung ke berbagai tempat. Gitar yang dimasukan dalam hardcase akan aman disimpan bersama alat musik lainnya. Sedangkan softcase biasaya terbuat dari kain dengan pengunci berupa resleting. Softcase ini memudahkan pengguna untuk membawa gitar karena bisa di gendong seperti tas. Simpan gitar dalam case ketika tidak digunakan agar terhindar dari debu dan kotoran.

Tips 2 – Memastikan kebersihan senar gitar
Senar adalah bagian penting pada gitar. Usahakan anda selalu menjaga kebersihan senar gitar setelah anda menggunakannya. Jika anda tidak sempat membersihkan setiap hari, minimal lakukan seminggu sekali. Cara membersihkan senar bisa dengan menggunakan string cleaner yang dijual di toko alat musik. Pastikan senar tetap kering dan bersih dari debu agar tidak karatan.

Tips 3 – Mengendorkan senar ketika disimpan
Ketika anda memutuskan untuk menyimpan gitar dalam jangka waktu yang cukup lama, maka usahakan menyimpan dalam cash dengan mengendorkan senar terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah kemungkinan bengkoknya neck jika gitar tidak digunakan dalam waktu yang lama. Kendati kemungkinannya kecil, mewaspadai hal ini tidak salah, bukan?

Tips 4 – Letakan gitar di tempat yang benar
Jika anda selesai menggunakan gitar, jangan lupa untuk meletakan ditempat yang benar. Hindari tempat-tempat tinggi dan bidang yang miring karena akan memunculkan resiko gitar terjatuh. Hindari juga meletakan gitar di dekat jendela atau di lantai yang berembun karena dapat membuat gitar menjadi lembab dan keropos.

Tips 5 – Bersihkan gitar dengan cara yang benar
Agar mendapatkan hasil terbaik dalam membersihkan gitar, gunakan lap yang terbuat dari kain kaos yang lembut. Kain kaos ini bisa digunakan untuk membersihkan bagian neck, senar ataupun bagian gitar lainnya. Sedangkan untuk bagian pick-up yang posisinya dibawah senar dan susah dijangkau, anda bisa menggunakan kuas cat.

Tips 6 – Rutin mengganti senar gitar

Jika senar gitar anda sudah berkarat, lebih baik segera menggantinya. Jika senar gitar yang sudah tidak layak tetap digunakan, maka warna suaranya juga jadi tidak sesuai dengan keinginan. Senar yang tidak layak bahkan dapat merusak fret gitar. Biasakan mengganti gitar sekaligus dalam satu set. Ini untuk mencegah perbedaan warna suara yang dihasilkan antara senar yang baru dan senar lama. Jadi, ketika salah satu senar anda putus, lebih baik ganti juga 5 senar lainnya.

Tips 7 – Bersihkan fretboard
Fretboard adalah bagian gitar yang rentan terhadap kotoran dari jari dan keringat yang mengerak. Jadi, ketika anda mengganti senar gitar, usahakan untuk membersihkan fretboardnya juga dengan pick gitar yang dilanjutkan dengan mengelap dengan kain yang lembut agar tidak tergores.

Kendati gitar bukanlah benda hidup yang bisa merengek minta dibersihkan ketika kotor, namun kita harus tetap selalu menjaga kebersihannya. Jangan sampai gitar yang kotor mempengaruhi permainan musik anda.


0 komentar: