IBX5981FE7FCD958 Cara Mudah Belajar Improvisasi Gitar

Cara Mudah Belajar Improvisasi Gitar

Leave a Comment


Guitarsquartz.net - Belajar improvisasi sangat ditentukan dengan adanya insting dan penginderaan orang yang melakukannya. Ini adalah tahap dimana gitaris level menengah naik satu tingkat. Setelah memahami tab dan scale gitar, sobat perlu tahu apa yang disebut dengan improvisasi melodi. Improvisasi melodi diartikan sebagai proses mendengarkan suatu musik yang kemudian menirunya tanpa bantuan tab dan scale kemudian menyusun dalam bentuk suara nada baru.

Sobat tidak perlu terlalu berfikir logis. Hanya perlu dalam kondisi kreatif, menjaga telinga tetap terbuka dan mendengarkan musik untuk melakukan improvisasi solo. ALangkah baiknya sebelum belajar improvisasi sebaiknya belajar cara mencari melodi gitar pada lagu yang akan dimainkan. Untuk memudahkan dalam menyusun melodi mungkin sobat perlu mengetahui akar chord terlebih dahulu dan membiarkan otak bekerja mengeluarkan melodi secara alami. Caranya adalah dengan mendengarkan lagu secara terus menerus dan sobat akan tahu tinggi rendahnya nada pada melodi tersebut. Sobat juga bisa memulainya dari lagu-lagu yang sobat sukai sehingga proses mengeluarkan melodi secara alami dapat dilakukan dengan mudah

Tahapan dalam improvisasi melodi atau rhythm gitar


Musik adalah hal pertama yang datang bersama irama. Hal ini merupakan suatu keselarasan dalam musik. Jika sobat mengetahui irama dan harmoni musik, maka sobat bisa mendapatkan alur dan catatan nada yang harus bunyi atau tidak. Hal ini juga yang mendasari sobat dalam melakukan improvisasi melodi atau rhythm gitar.

Tahap 1 – Mendengarkan

Ketahui kunci gitarnya terlebih dahulu. Kemudian sobat bisa menjauhkan diri dari gitar agar lebih fokus dan kemudian mendengarkan lagu yang ingin diketahui rhythm dan melodinya secara terus menerus sampai sobat paham dengan permainan rhythm dan melodinya. Cobalah sobat mendengarkan semua rhythm dan melodinya dengan tenang dan fokus. Jika sulit dipahami, cobalah ikut menyanyi saat bagian melodinya, seperti bergumam “na na na”. Ini juga dapat digunakan untuk mengecek apakah pendengaran sobat tajam atau tidak.

Tahap 2 – Mengenali chord
Pada setiap rhythm dan melodi memiliki chord dan tangga nadanya, sobat harus mengetahui pola rhythm dan melodinya. Perhatikan chordnya apa? apakah mayor, minor, atau dominant? dan perhatikan juga scale atau tangga nada apa yang dimainkan saat melodi atau interlude di lagu yang sobat mainkan. Jika alunan melodi atau interludenya susah dan terlalu cepat atau ribet anda bisa melambatkan atau menurunkan tempo lagunya, biasanya setiap software play musik tertentu ada menu dan fitur khusus untuk melambatkan atau menurunkan temponya tinggal anda atur sendiri.

Tahap 3 – Catatan bermain

Jika sobat sudah mendengarkan lagu dan memiliki gambaran permainannya, sobat dapat mencoba memainkannya dengan menggunakan gitar. Jika rhythm dan melodi yang sobat coba dengan gitar sama dengan rhythm dan melodi yang sobat dengarkan sebelumnya, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mencatatnya dengan bentuk yang sama dengan tab gitar. Hal bertujuan agar sobat tidak lupa. Namun jika belum dapat menemukan rhythm dan melodi yang sama, ulangi seperti langkah sebelumnya ya, sobat!

Setidaknya ada tiga cara yang sering digunakan beberapa orang untuk mengingat improvisasi lagu yang panjang antara lain dengan merekam permainan, mengingat scale atau tangga nada dan teknik yang digunakan serta menuliskannya pada software komputer seperti Guitar Pro. Ketiga cara ini dirasa cukup ampuh untuk membantu mengingatkan para pembuatnya.

Tahap 4 – Variasi Improvisasi
Setelah 3 tahap sebelumnya dilakukan, mungkin sobat bisa membuat rhythm dan melodi sendiri atau dengan menggunakan variasi rhythm dan melodi dari lagu lain dan membuat permainan bass sendiri agar lebih asyik dan kreatif. Sobat dapat melakukan improvisasi dengan semua ide yang muncul dan dengan spontan menentukan jalur rhythm dan melodi pada lagu lainnya.

Tahap 5 – Harus Relaks dan Fokus

Setelah semua tahapan diatas dilalui, relaks dan fokus adalah tahapan paling penting yang akan menentukan permainan improvisasi enak didengar, sesuai tempo dan menjiwai dari lagu tersebut. Cara sederhana untuk relaks dan fokus adalah dengan mengatur ritme nafas dihidung nafas masuk dan nafas keluar untuk berjalan sepelan mungkin sampai diri anda merasakan tenang, relaks dan fokus. Gampang kan! Hehehe tapi perlu latihan agar anda bisa mengatur dan menjaga relaks dan fokus nya anda setiap saat. Improvisasi gitar itu penting, tapi mengatur ritme improvisasi nafas anda dulu itu jauh lebih penting.

Itulah beberapa tahapan dalam belajar cepat mengimprovisasi lagu dengan gitar. Semoga bermanfaat.


0 komentar: