IBX5981FE7FCD958 Cara Menciptakan Melodi Gitar Yang Ngesoul Dan Menjiwai

Cara Menciptakan Melodi Gitar Yang Ngesoul Dan Menjiwai

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Banyak tahapan yang harus sobat lalui agar dapat menjadi seorang gitaris handal. Tidak hanya dengan memetik secara random senar gitar, namun ada beberapa bagian dari nada yang juga harus sobat pelajari. Misalnya saja sobat harus mengetahui bagaimana cara memainkan chord nada dan juga menemukan melodi yang pas dalam sebuah permainan gitar.
Cara Menciptakan Melodi Gitar Yang Ngesoul Dan Menjiwai

Melodi adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam bermain gitar. Melodi dapat dikatakan sebagai sebuah ciri khas seseorang dalam mengolah permainan gitarnya. Tidak dengan asal petik, menemukan melodi gitar yang pas juga membutuhkan kemunculan feel yang harus dimiliki oleh pemainnya. Melodi sebuah lagu kadang akan sangat terdengar pada bagian reff lagu.

Beberapa gitaris handal seperti Joe Satriani, Steve Vai, atau Slash Gun N’’Roses akan memainkan melodi gitarnya dari mulai awal hingga pertengahan lagu sebagai ciri khasnya. Sedangkan Andra Ramadhan Dewa 19, Cella Kotak, Dewa Budjana Gigi dan beberapa gitaris tanah air juga memiliki melodi yang menjadi ciri khas lagu hitsnya.

Cara Membuat Melodi Lagu Yang Ngesoul
Sobat ingin membuat lagu dengan melodi yang ngesoul dan terasa menjiwai? Berikut cara yang mungkin bisa sobat terapkan ketika akan membuat melodi lagu sendiri.

Step 1 – Mainkan nada yang tidak rumit
Cara membuat melodi yang penuh soul pertama adalah dengan memainkan nada yang tingkat kerumitannya rendah. Nada yang tidak rumit dapat dimainkan oleh semua orang. Jadi, ketika sobat memasukan nada ini dalam lagu buatan sobat sendiri, maka orang akan mudah memainkan dan mengingatnya. Lagu yang mudah diingat akan disukai banyak orang dan bisa menjadi salah satu lagu hits. Boleh-boleh saja ketika sobat ingin memasukan nada yang sedikit rumit, namun tetap dengan kadar yang sesuai.

Step 2 – Campurkan beberapa nada yang familiar
Hampir sama dengan step sebelumnya, agar lagu yang sobat ciptakan memiliki ciri khas melodi yang enak didengar, masukan nada-nada yang familiar. Nada familiar adalah nada yang tidak asing didengar oleh penikmat musik. Nada yang familiar membuat pendengar mudah mengingat lagu tersebut. Sobat juga bisa memasukan nada-nada yang serupa dengan lagu yang tengah menjadi hits pada saat itu. Orang-orang mungkin bisa bosan dengan sebuah lagu, namun tidak dengan nada dan melodinya.

Step 3 – Perbanyak mendengarkan lagu referensi
Ada sebuah kelompok musik yang memiliki warna yang unik dari setiap lagu yang diciptakan. Hal ini dikarenakan mereka mampu memadukan antara beberapa genre musik dalam sebuah lagu. Banyak mendengarkan referensi dari beberapa genre musik sangat disarankan bagi para gitaris yang sedang mencari melodi yang indah. Sehingga nantinya sobat akan menemukan melodi yang pas dengan lagu yang sobat ciptakan serta dapat mengaplikasikannya. Namun yang tidak boleh terlupakan, sobat sedang mencari referensi dan nantinya memodifikasi, bukan mencuri atau memplagiat, ya!

Step 4 – Jangan takut bereksperimen
Bagi seorang gitaris, sering mencoba bereksperimen dengan berbagai jenis genre musik merupakan hal yang sangat disarankan. Buatlah nada-nada baru secara random yang nantinya dapat sobat masukan dalam pertunjukan gitar sobat. Sobat bisa merekamnya terlebih dahulu dan kemudian memperdengarkan kepada orang lain. Kritik dan saran yang sobat terima nantinya akan membuat nada baru yang sobat ciptakan menjadi lebih sempurna. Jika memungkinkan, sobat bisa mencoba untuk mengaransemen lagu-lagu hits yang sudah ada.

Step 5 – Latihan dengan konsisten
Lakukan latihan dengan step-step diatas secara konsisten. Lakukan sesering mungkin agar sobat tidak lupa dengan ide-ide melodi yang sudah sobat temukan. Rancang waktu khusus untuk melatih kemampuan menciptakan melodi yang tengah sobat tekuni. Bisa jadi saat sobat mencoba menciptakan melodi yang indah tersebut, kemampuan sobat dalam bermain gitar juga semakin meningkat. Kunci dalam menciptakan sebuah melodi yang indah tidak hanya didasari oleh permainan gitar yang handal.

Jika sobat rajin mendengarkan referensi dari lagu-lagu hits yang sudah ada dan terus mau mencoba, melodi menjiwai yang sobat inginkan pasti akan tercipta. Siap membuat melodi gitar yang ngesoul ala diri sendiri?



0 comments: