IBX5981FE7FCD958 Cara Menyetem Gitar Tuning Open Drop G

Cara Menyetem Gitar Tuning Open Drop G

Leave a Comment
GuitarSquartz.net- Gitar memiliki bermacam macam jenis stem atau tuning, ada beberapa jenis stem atau tuning seperti Drop D, Drop C, dan masih banyak lagi. Namun yang paling umum digunakan adalah tuning standar. Bila Anda sebelumnya belum pernah mempelajari caranya menyetem gitar tuning standar, Anda bisa baca artikel kami sebelumnya disini. Sebelumnya kami telah membahas tentang beberapa tuning gitar yang sudah dibahas adalah drop d dan drop c, Anda bisa mempelajarinya juga, namun untuk kali ini kami akan membahas tuning yang "tidak standar" atau digunakan oleh beberapa gitaris tertentu yaitu open drop G.

Sekarang mari kita mulai mempelajari tipe stem atau tuning gitar selanjutnya yaitu mode Open G. Mode tuning gitar Open G cukup banyak digunakan oleh sebagian gitaris tertentu, dan urutannya stem/tuning gitar open G adalah D,G,D,G,B,D (dari senar besar ke senar kecil).

Untuk tutorialnya cara stem atau tuning gitar open G, silahkan Anda ikuti langkah dibawah ini, namun diawal ada baiknya Anda mengetahui bagian gitar yang bakal kita pakai buat stem atau tuning yaitu tunner. Cara menggunakan tunner ini Anda cukup memutarnya. Jika Anda belum tahu tunner gitar, bisa lihat gambar contoh dibawah.




Cara Menyetem Gitar Tuning Open Drop G

1.Kunjungi situs tuner online di alamat http://www.howtotuneaguitar.org/
2.Dan kemudian disitu akan ada tunner gitarnya. untuk cara mengkonfigurasinya pilih :

  • Sound Type : Clean Electric
  • Tuning Mode : Open G



3. Selanjutnya ambil gitar Anda dan putar senar nomor 1 hingga bunyinya sama dengan di tunner nada D:
  • Senar gitar no.1(paling bawah) samakan dengan nada D
  • Senar gitar no.2 samakan bunyinya dengan nada B
  • Senar gitar no.3 samakan bunyinya dengan nada G
  • Senar gitar no.4 samakan bunyinya dengan nada D
  • Senar gitar no.5 samakan bunyinya dengan nada G
  • Senar gitar no.6(senar bass/paling atas) samakan bunyinya dengan nada D
4. Samakan ke-semua 6 senar gitar hingga bunyinya sama bersama di tunner gitar online. Kalau telah selesai sehingga berarti Anda sudah sukses menyetem gitar open G. Jika Anda masih bingung dengan penjelasan mengenai tuning open drop G Anda bisa tonton video tutorial dari youtube oleh master gitaris bang ondel di bawah ini.


Terima kasih sudah membaca artikel ini cara menyetem gitar tuning open drop G, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa juga untuk baca artike-artikel menarik tutorial gitar lengkap yang tersedia diblog ini. Referensi www.howtotuneaguitar.org www.caragitar.com



0 komentar: