IBX5981FE7FCD958 Cara Memperbaiki Pedal Efek Gitar Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Pedal Efek Gitar Tidak Berfungsi

Leave a Comment
Hallo sobat gitar, apa kabar? semoga sehat selalu ya? kali ini saya sebagai admin Guitarsquartz.net seperti biasa ingin mencoba share sekaligus berbagi sedikit pengalaman mengenai bagaimana cara memperbaiki pedal efek gitar tidak berfungsi atau rusak. Kadang bagi mereka khususnya seorang gitaris pemula mungkin ada juga yang belum tahu bagaimana caranya untuk mengatasi pedal efek tidak berfungsi atau rusak!. Apakah harus membeli lagi dengan pedal yang baru yang lebih bagus, atau mungkin harus membawanya ke tempat jasa service?, tentunya juga semuanya akan memakan biaya tidak sedikit ya? mending kita perbaiki sendiri selagi menghemat uang juga kita bisa mencoba belajar memperbaiki sendiri karena dengan memperbaiki sendiri kita juga nantinya jika terjadi kerusakan lagi pun kita bisa tahu cara mengatasinya.

Cara Memperbaiki Pedal Efek Gitar Tidak Berfungsi


Sebenarnya dalam kasus penyebab pedal efek gitar tidak berfungsi ini, bisanya terjadi karena Switch yang rusak/mati kalau menurut pengalaman saya hal ini sering terjadi karena dalam pemakaian pedal efek gitar yang tidak wajar atau mungkin bisa rusak karena terjatuh. Sebenarnya untuk memperbaiknya cukup mudah biasanya Pedal Efek Gitar yang tidak Berfungsi/mati, cukup dengan mengganti switch dengan yang baru. Nah, untuk itulah berikut ini Guitarsquartz.net akan berikan tips cara mengganti Switch Pedal efek gitar.

Langkah pertama yang perlu Anda siapkan dulu yaitu alat dan bahan seperti berikut :
  • Obeng 
  • Solder
  • Timah secukupnya,
  • Switch yang baru
Langkah keduanya setelah semua alat dan bahan Anda sudah disiapkan sekarang kita masuk ke bagian membongkar pedal efeknya :
  1. Bongkar efek, dengan melepas semua baud pengunci cassing . Lepaskan Switch yang sudah rusak dengan memanaskan kaki dari Switch setelah timah yang menempel mencair tarik switch tersebut sampai kaki Switch betul-betul terlepas, begitu juga dengan kaki Switch yang satunya.
  2. Tahap Akhir pasang Switch yang baru kemudian, sebelum disolder, Lengkungkan kaki Switch tadi agar Switch melekat dengan kuat, pastikan bahwa seluruh timah yang melekat pada Kaki-Kaki Switch tersebut melekat dengan sempurna.
  3. Tahap pemasangan telah selesai, selanjutnya adalah pengecekan, apakah Switch sudah berfungsi secara optimal, atau tidak, coba dengan menekan tombolnya, jika nomor yang ada pada tampilan Efek Gitar sudah bisa berubah-ubah, itu artinya berhasil,
  4. Pasang kembali cassing Effek Gitar dan pasang baut pengunci. Jreeengg Ready To Rock.
Itulah tips tutorial cara memperbaiki pedal efek gitar tidak berfungsi, atau tips cara  mengganti switch pedal efek gitar yang rusak/mati, mungkin hanya itu saja yang saya bisa bagikan, semoga dapat bermanfaat bagi Anda, jika ada yang ditanyakan mengenai tips cara memperbaiki pedal efek gitar yang tidak berfungsi dalam kasus lain Anda bisa bertanya dikolom komentar dibawah ini saya dengan senang hati akan membantu Anda.


0 komentar: