IBX5981FE7FCD958 Mengenal Nama Bagian Dari Gitar Bass dan Fungsinya

Mengenal Nama Bagian Dari Gitar Bass dan Fungsinya

Leave a Comment
Belajar bermain alat musik adalah hal yang sangat menyenangkan, salah satunya adalah bermain alat musik yang bernama bass. Gitar bass merupakan salah satu jenis alat musik dawai yang sangat penting untuk memberikan nuansa alunan musik dengan nada lebih rendah sebagai pengisi dan pemberi tempo dalam nada, sekaligus juga bisa dikatakan gitar bass adalah jiwa dalam suatu seni musik. Bentuk gitar baas sendiri hampir sama halnya dengan alat musik gitar, dan juga mempunyai bagian-bagian yang sama pula dengan gitar biasa.

Namun untuk memainkan alat musik gitar bass ini, ada baiknya kita perlu ketahui dalu sebelum memainkan gitar bass yaitu dengan belajar mengenal nama bagian bagian dari gitar bass dan fungsinya, agar nantinya kita tidak bingung dalam memainkan gitar bass tersebut. Ada beberapa nama bagian-bagian gitar bass yang perlu kenali seperti fretboard, tunner dan neck gitar bass. Dan mungkin masih banyak bagian yang penting pada gitar bass, Untuk itulah disempatan kali ini Guitarsquartz.net akan memberikan sedikit penjelasan mengenai pengenalan nama bagian dari Gitar Bass dan fungsinya dalam bentuk gambar secara detail berikut ini:


Bagian Gitar Bass

Fungsi bagian dari gitar bass


1.Headstock

Headstock / kepala gitar : adalah bagian gitar bass yang memiliki fungsi untuk menahan senar dan setting tuning yang terbuat dari kayu. Biasanya perusahaan pembuat gitar mencantumkan logo nama/merk gitar mereka dibagian atas,bagian ini juga mempunyai karakter bentuk sendiri-sendiri tergantung dari si pembuat gitar.

2.Tuning Keys

Tuning keys : alat ini berfungsi sebagai penyetel nada pada string atau pun untuk mengontrol senar agar suara yang dihasilkan senar saat dipetik tidak berubah.

3.Nut

Nut : nut ini memiliki fungsi untuk sebagai dudukan senar/string bass supaya senar tidak berubah posisi dan berbunyi saat dipetik. Tanpa nut juga  suara gitar tidak akan terasa nyaring. Hampir semua merk gitar bass mempunyai warna nut yang sama yaitu putih biasanya.

4.Fingerboard

Fingerboard adalah bagian dimana anda menempatkan/memainkan jari anda, dalam merubah not. Fingerboard umumnya terbuat dari kayu maple.

5.Frets

Frets : fret adalah logam penyekat yang berbahan kuningan atau stainless tahan karat yang berfungsi untuk membagi bagi nada senar gitar.

6.Pickups 

Piskups ini adalah sebagai perubah sinyal dari getaran senar menjadi frekuensi sinyal elektrik yang disalurkan dari gitar baas ke sound. Pick up juga mempunyai jenis yang berbeda beda dan juga ada yang aktif dan pasif.

7.Bridge

Bride berfungsi sebagai tempat dudukan senar, tuning lock dan saddle yang berada di bodi gitar bass.

8.Volume dan Tune Control

Fungsi dari bagian ini adalah sebagai alat untuk mengontrol volume output suara bass dan tune control berfungsi sebagai output suara rendah tingginya nada bass gitar.

Demikianlah hanya itu saja yang saya bisa bagikan mengenai artikel mengenal nama bagian dari gitar bass dan fungsinya . Bila ada yang mungkin kurang lengkap mengenai artikel diatas, silahkan langsung ingatkan saya sebagai admin penulis guitarsquartz.net bisa berkomentar dibawah ini.



0 komentar: