IBX5981FE7FCD958 Belajar Bermain Gitar Bass Untuk Pemula

Belajar Bermain Gitar Bass Untuk Pemula

Leave a Comment
Tidak lengkap rasanya jika sebuah grup band musik tanpa di iringi dengan alat musik gitar bass.
Gitar bass adalah salah satu alat musik yang sangat populer yang mampu menghasilkan variasi suara yang menarik dan juga sangat dibutuhkan dalam bermusik. Bahkan untuk sebuah lagu jika saat dinyanyikan tidak di iringi dengan gitar bass pastinya tidak akan terasa terdengar kurang enak karena gitar bass sendiri sangat penting sebagai pengiring dan pemandu dalam sebuah instrumen musik untuk memainkan ritme, yang biasa juga digunakan untuk sebagai fungsi perpaduan antara alat musik drum dan alat musik lain untuk menciptakan suatu irama atau pun dalam urusan tempo musik gitar bass menjadi salah satu sebuah patokan utama dalam suatu musik.

Sayangnya, tidak semua orang yang bisa bermain gitar mampu memainkan gitar bass. Namun sebenarnya jika Anda sudah bisa memainkan gitar biasa akan lebih mudah dalam belajar gitar bass karena gitar bass sebenarnya sama halnya dengan gitar biasa bedahnya cuma dalam senar yang dipakai untuk gitar bass memiliki senar 4 dari mulai open string (E - A - D - G) untuk gitar biasa memiliki senar 6 open string.

Untuk memulai tahap dasar belajar gitar bass Anda perlu mempelajari pengenalan akord/kunci dasar yang digunakan pada gitar bass seperti halnya pada gitar biasa ada akord atau kunci untuk memainkannya, agar nantinya Anda tidak bingung bagaimana cara memulai memainkan gitar bass.

Berikut di bawah ini Guitarsquartz akan memberikan bebarapa contoh akord atau kunci dasar gitar bass sekaligus penjelasannya



Penjelasan :

Senar paling bawah kita anggap senar 1, selanjutnya senar 2, senar 3, dan paling atas senar 4. Kuncinya dari fret kiri ke kanan adalah:
  • Senar 1. fret 0-12: G, G#, A, A#, B, C, C#, D, D#, E, F, F#, G,
  • Senar 2. fret 0-12: D, D#, E, F, F#, G, G#, A, A#, B, C, C#, D,
  • Senar 3. fret 0-12: A, A#, B, C, C#, D, D#, E, F, F#, G, G#, A,
  • Senar 4. fret 0-12: E, F, F#, G, G#, A, A#, B, C, C#, D, D#, E.


Penejalasan :

Titik bulat berwarna hitam merupakan titik dimana jari menekan fret. Sebagai contoh misalnya pada kunci C, tekan senar 3 pada fret ke-3 maka akan berbunyi nada kunci C.  Untuk gambar yang terlihat garis senar yang ditebalkan, artinya senar tersebut dibunyikan tanpa ada tekanan pada fret. Seperti pada kunci A,D,E dan G. Sedangkan penamaan senar dimulai dari bawah keatas, senar paling bawah dinamakan senar 1, 2 dan seterusnya

Untuk lebih lengkapnya tentang belajar teknik kunci dasar gitar bass Anda bisa tonton video berikut ini penjelasan kunci dasar gitar bass.


Hanya itu saja yang bisa saya bagikan untuk kali ini. semoga dapat bermanfaat bagi Anda jangan lupa juga untuk nantikan artikel selanjutnya mengenai belajar bermain gitar bass untuk pemula jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas bisa bertanya dikolom komentar dibawah ini.



0 komentar: