IBX5981FE7FCD958 11 Macam Aksesoris Gitar Dan kegunaannya

11 Macam Aksesoris Gitar Dan kegunaannya

Leave a Comment

Aksesoris Gitar Dan kegunaannya

GuitarSquartz.net - Gitar merupakan alat musik yang sudah tidak asing bagi kebanyakan orang di Indonesia bahkan di seluruh dunia, Alat musik ini mempunyai  beragam Aksesoris yang digunakan saat bermain atau saat merawat gitar, Bagi yang ingin tahu apa saja  Aksesoris Gitar .Berikut ini 11 Aksesoris Gitar Berserta kegunaannya.


1. Strap

Strap

Strap gitar adalah aksesoris yang biasanya digunakan untuk memainkan gitar sambil berdiri. Harganya pun sangat murah dari 25rb-200rb.



2. Hardcase


Hardcase



Sering disebut tas gitar digunakan untuk menyimpan gitar atau bisa digunakan untuk melindungi gitar saat dibawa bepergian. Case ini ada dua macam yaitu hardcase dan softcase. Hardcase terbuat dari kayu atau plastik dan Softcase terbuat dari kain. Harga softcase kiri-kira 150an ribu dan hardcase skitar 600an ribu tergantung kualitas.



3. Tuner

Tuner


Alat Ini berfungsi untuk menyetem gitar, cara pakainya sangat mudah, bagi tuner jepit seperti pada gambar, tinggal di jepitkan pada bagian head stock gitar atau kepala gitar. Harganya lumayan dari 100rb-250rb.

4. Metronome


Metronome

Metronome adalah alat yang menciptakan bunyi ketukan untuk mengukur tempo dari suara alat musik yang anda mainkan. Alat ini bukan sepenuhya untuk gitar saja, alat ini juga digunakan untuk untuk mengatur tempo ketukan bass, piano, drum dan alat musik lainnya. Bagi yang main musik Anda setidaknya punya harus punya alat ini, harganya lumayan mahal dari 200rb-300rb.



5.Pick


Pick


Pada prinsipnya pemain gitar akustik tidak selalu sering untuk memakai pick, tapi kalau Anda yang masih baru belajar dan sakit untuk memetik dan menggenjreng gitar Anda bisa pakai pick ini. Harganya sangat murah 3rb-10rb tergantung bahan dan tebal nya.

6.Finger pick

Fingerpick


Alat ini bisa membantu Anda untuk melakukan fingerpicking dan fingerstyle. Supaya suara yang dikeluarkan keras dan melindungi jari kalian. Harganya sangat murah dari 5rb-15rb.


7.Capo


Capo


Capo adalah alat penjepit senar, biasa alat ini fungsinya untuk menaikan nada dasar gitar,tinggal jepitkan Caponya di fret Anda. Harganya dari 45rb-150rb.

8.String Winder

String Winder



String Winder adalah alat untuk memutar alat pemutar yang berada di head gitar atau kepala gitar. Fungsinya untuk memutarkan tuner pada head stock agar lebih cepat dari sebelumnya. Harganya 40rb-55rb.



9.Screeching Halt
Screeching Halt



Kegunaanya untuk menutup lubang pada gitar akustik agar tidak mengalami feedback. Dan Screeching Halt ini dapat meningkatkan suara pada gitar akustik. Screeching Halt ini dijual dengan harga 100 ribu.




10.Slider


Slider



Digunakan untuk gitaris yang suka main musik country dan bluse yang banyak menggunakan teknik slide. Cara penggunaannya tinggal memasukkan jari kelingking ata jari manis pada slider yang berbentuk silinder ini.


11.Hanger & Stand Guitar


Kegunaannya untuk menggantung gitar ditembok saat tidak dipakai. Tapi ada juga yang model dibawah, namanya Stand. Harga Hanger gitar skitar 25 ribuan dan stand berkisar 100 ribuan.

Hanger & Stand Guitar

Fungsinya untuk menyimpan gitar jika tidak dipakai. Hanger untuk menyimpan gitar dengan posisi menggantung, Stand untuk posisi berdiri. Harganya dari 25rb-150rb

Kesimpulan dari 11 Aksesoris gitar ini hanya sebuah opsional atau pilihan, Semoga bermanfaat bagi anda untuk menambah wawasan mengenai gitar.





0 komentar: