IBX5981FE7FCD958 Belajar Menjadi Seorang Gitaris Rock

Belajar Menjadi Seorang Gitaris Rock

Leave a Comment
Sebelumnya saya ingin bertanya kepada anda, apa sih sebenarnya alasan yang membuat seseorang ingin menjadi gitaris rock? Pertama mungkin karena musik rock adalah musik yang mengutamakan instrumen gitar yang menghentak, terkadang melengking dan penuh distorsi. Apalagi kebanyakan pemain gitar memiliki hasrat lebih tinggi untuk tampil di panggung dan mempertontonkan kehebatannya bermain gitar. Alasan yang kedua dan selanjutnya mungkin anda sendiri yang bisa menjawabnya.

Namun sebagian besar permainan gitar rock yang memukau membutuhkan latihan yang lama dan bisa bertahun-tahun. Agar benar-benar bisa jago, mungkin anda harus belajar tangga nada, arpeggio dan kemungkinan bahkan belajar membaca not balok, wahhh terlalu lama bisa-bisa anda cepat bosan. Mungkinkah ada cara cepat dan mudah untuk bisa menjadi gitaris rock yang andal dalam sekejap? Tentu ada, tak perlu lama dan ribet untuk belajarnya. Anda hanya butuh sedikit waktu untuk menunjukkan kepada gitaris lain terpesona dengan permainan gitar rock anda.


belajar menjadi seorang gitaris rock
Bila kita cermati, para gitaris cenderung menilai satu sama lain berdasarkan ketrampilan teknis. Ketika anda terpojok pada situasi dimana banyak berkumpul gitaris-gitaris lain dan permainan anda dipertaruhkan, maka anda jangan khawatir dan gentar bahkan ketika berhadapan dengan gitaris yang lebih lihai sekalipun. Di sini kami telah menyediakan sedikit contoh musikal yang oke punya. Contoh-contoh ini bisa anda masukkan ke dalam permainan solo anda.

Sebelum mempertontonkan kehebatan anda bermain gitar rock di atas panggung pada acara festival music misalnya, ada baiknya kita ungkit sedikit tentang sejarah rock itu sendiri. Meskipun sebenarnya tentu ada sedikit perbedaan dalam hal ini, namun sudah cukup untuk memberikan jawaban ketika ada gitaris lain yang mengajak anda berdiskusi.

Musik rock sebagian besar awalnya diturunkan dari R&B, jadi siapa yang berpengaruh disini? Bila kita sebutkan masa, maka era terbaiknya adalah tahun 1950-an. Bila kita sebutkan nama tak dapat dipungkiri bahwa Chuck Berry merupakan tokoh yang paling berpengaruh dari era ini. Setiap musisi rock yang terlahir sesudahnya berhutang sesuatu kepadanya karena tanpa kita sadari banyak teknik yang muncul pertama kali dari rekamannya.

Aerosmith dapat ilmu memainkan palm-mute downstroke, ada Sex Pistols yang memainkan akord 8-to-the-bar, lalu Keith Richards gitarisnya The Rolling Stones awal ketertarikannya pada gitar  adalah saat mendengarkan single awal Chuck Berry. Tahun 1970-an adalah eranya Led Zeppelin dan Deep Purple dan lainnya. Menginjak tahun 1980-an adalah era keemasan musik rock. Pada periode ini teknik solo, sound gitar, jumlah penonton, dan model rambut meledak secara bersamaan, band-band rock yang terkenal di antaranya adalah Queen,Van Halen, ZZ Top sedangkan solois gitar antara lain Eddie Van Halen yang mempopulerkan teknik tapping, Vinnie Moore, Joe Satriani, Steve Vai dan tentu Paul Gilbert. Ada satu lagi yang ketinggalan gitaris yang mampu dan berhasil mempopulerkan musik klasik dengan cita rasa rock. Menginjak tahun 1990-an, pada tataran tertentu permainan gitar tingkat tinggi mengalami kemunduran, contohnya Kurt Cobain dan Noel Gallagher mereka disukai karena permainan gitar dan musiknya, meskipun sebenarnya keduanya bukanlah pemain yang mahir. Tapi menurut saya pribadi, mungkin lebih disebabkan karena kejenuhan pendengar saja. Oke sementara ini dulu yang bisa saya bagikan, untuk postingan selanjutnya nanti ada tablature dari riff-riff yang oke punya.

Seperti yang telah saya janjikan maka akan saya lanjutkan kembali tulisan ini. Sebelum kita memainkan riff-riff rock yang oke punya maka terlebih dahulu kita harus pelajari dahulu tablature dan cara membacanya. Karena nanti akan kita gunakan untuk berlatih dan memainkannya. Alasan kita menggunakan tab (tablature) adalah karena kebanyakan pemain gitar malas untuk belajar membaca notasi musik, sedangkan membaca tab lebih mudah dan sederhana. Berikut ini kita akan menemukan notasi tab dan treble clef (kunci untuk not-not wilayah tinggi) disertai tips cara memainkannya.

CARA MEMBACA TREBLE CLEF

Nada pada garis paling bawah treble clef adalah E tengah–yaitu nada E pada fret kedua dawai D. Garis paling atas adalah F (fret pertama, dawai E tinggi).


Enam garis mewakili dawai-dawai–dawai yang paling tebal (rendah) berada di bagian paling bawah. Sedangkan angka untuk menunjukkan posisi fret. Misalnya angka 2 pada garis ke empat dari atas, maka maksudnya adalah jari kita letakkan pada dawai keempat, fret kedua.

Tips Ritem Gitar Rock

1. Gunakan pick, sebaiknya gunakan petikan ke bawah, bukan ke atas.
2. Jangan petik / genjreng semua senar terus-menerus. Kebanyakan bagian ritem rock hanya menggunakan dawai-dawai bas
3. Jangan terlalu banyak reverb, karena membuat suara keseluruhan menjadi campur baur.
4. Gunakan power kord, hindari kord mayor terbuka seperti G, C, D, dan lain-lain.
5. Mainkan petik 2 senar atas gitar dekat pickup bawah atau bridge lalu mainkan dengan palm-mute. maka suara gitar akan terdengar lebih berat.

Ok sementara itu yang bisa saya bagikan, jika ada yang ingin menambahkan bisa ditambahkan dikolom komentar di bawah ini. Semoga tips artikel kali ini bisa menjadi kita buat motivasi bagi anda yang sedang belajar gitar Rock. 




0 komentar: